Dinsos Kabupaten Tegal Adakan Forum Koordinasi Tagana

Dinsos Kabupaten Tegal Adakan Forum Koordinasi Tagana

POSKO - Gelar tasyakuran berdiriya Posko Tagana Kabupaten Tegal yang digulirkan di Aula Dinas Sosial Kabupaten Tegal.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

SLAWI, jateng.disway.id -  Dinas Sosial Kabupaten Tegal menggelar Forum koordinasi Tagana sebagai sarana pertukaran informasi, pengalaman dan koordinasi.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal Iwan Kurniawan melalui Kabid Linjamsos dan Kebencanaan Mochammad Agus Fauzan menyatakan bahwa Forum Koordinasi ini dibentuk sebagai sarana memadukan (mengintegrasikan), menyerasikan dan menyelaraskan. Berbagai kepentingan dan kegiatan penanggulangan bencana yang dilakukan oleh Tagana.

Ini  bertujuan menjawab kebutuhan pengorganisasian Tagana yang lebih terintegrasi dan profesional. “Baik dari aspek jumlah Tagana, wilayah kerja maupun kompleksitas permasalahan bencana yang dihadapi," ujarnya.

Menurutnya, fungsi forum ini untuk mengoordinir perencanaan dan program kerja forum untuk pengintegrasian program yang sedang dan akan dilaksanakan. "Termasuk melakukan  pendataan Tagana by name by adress serta potensi yang dimiliki anggota Tagana secara berjenjang. Kemudian diverifikasi Dinas Sosial  setempat menurut kewilayahannya," cetusnya. 

BACA JUGA:Dinsos Kabupaten Tegal Gembleng Kemampuan SDM Perlindungan Sosial Tagana

BACA JUGA:Dinas Sosial Kabupaten Tegal Gulirkan Program Tagana Masuk Sekolah

Selebihnya, forum ini berfungsi menyiapkan rekrutmen calon Taruna Siaga Bencana, pelatihan kejuruan atau spesialisasi serta Tagana Khusus, Jambore Tagana, Apel Siaga Tagana, Temu Nasional Tagana.

Untuk pengendalian Tagana dilakukan oleh Dinas Sosial  dan kecamatan secara berjenjang. Dalam pelaksanaan tugas penanggulangan bencana, Tagana terlebih dahulu berkonsultasi dengan Dinas Sosial. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: