Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Gelar Lomba Mapsi Tingkat SD

Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Gelar Lomba Mapsi Tingkat SD

JELASKAN - Kabid Pembinaan SD Dinas Dikbud menjelaskan mekanisme pelaksanaan Lomba Mapsi tingkat SD.Foto:Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tegal berencana menggelar Lomba Mata Pelajaran dan Seni Islami (Mapsi) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD). Sesuai rencana, lomba akan dihelat pada 19 Oktober 2024 yang dipusatkan di SDIT Bimantara Alfurqon.

Plt Kepala Dinas Dikbud Suspriyanti melalui Kabid Pembiaan SD  Mahmudin SAg menyatakan, dalam kegiatan tersebut. 13 cabang  akan diperlombakan untuk kategori putra dan putri, kecuali pada lomba azan dan ikamah.  "Pelaksanaan lomba Mapsi pada tingkat SD diselesaikan langsung dalam satu hari," ujarnya.

BACA JUGA:2 Rumah Sakit Swasta di Tegal Diduga Lakukan Tagihan Fiktif, BPJS Kesehatan Rugi Rp4,8 Miliar

Dalam lomba tersebut, 13 cabang yang dilombakan di antaranya keterampilan macapat Islami, cerita Islami,  musik rebana Islami,  seni kaligrafi Islami, seni rebana Islami dan seni tilawatil Quran. Pentingnya  lomba ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di Kabupaten Tegal. “Mapsi bukan hanya ajang kompetisi, tapi juga wadah untuk menumbuhkan keberanian dan rasa percaya diri siswa,” cetusnya.

Menurutnya, lomba akan diikuti siswa SD se-Kabupaten Tegal ini menguji pengetahuan agama Islam sekaligus kesenian Islami. Para juara nantinya akan mewakili Kabupaten Tegal  di tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Kudus, 8-10 November mendatang. Pihaknya berharap para peserta bisa berprestasi dan mengharumkan nama Kabupaten Tegal di level provinsi.

BACA JUGA:Perketat Kamtibmas Jelang Pilkada. Polres Sragen Sita 55 Liter Ciu

Tumbuhkan semangat berkompetisi dan bersungguh-sungguh. Semoga kerja keras peserta nantinya  membuahkan hasil yang memuaskan. Pihaknya  mengapresiasi Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Kabupaten Tegal sebagai motor penggerak lomba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: