Keuntungan Menggunakan Pinjaman Dana Pendidikan Syariah, Berikut Syaratnya

Keuntungan Menggunakan Pinjaman Dana Pendidikan Syariah, Berikut Syaratnya

keuntungan menggunakan pinjaman dana pendidikan syariah--foto ajaib

DISWAYJATENG.ID - Pinjaman dana pendidikan syariah merupakan sebuah bentuk pinjaman yang disediakan oleh pihak yang bersangkutan sesuai dengan prinsip syariah atau hukum Islam. 

Di dalam prinsip ini melarang adanya praktik yang menghasilkan bunga, spekulasi dan adanya praktik yang tidak adil. Tujuannya yaitu dengan membantu pihak yang membutuhkan pinjaman dana pendidikan syariah tersebut untuk membiayai pendidikan tanpa harus membayarkan riba atau bunga.

Persentase hasil yang akan dibagi akan ditentukan pada saat menentukan perjanjian pinjaman dana pendidikan syariah. Sebagai ganti dari bunga atau riba, biasanya lembaga keuangan syariah akan menetapkan ujrah atau biaya administrasi.

Bagi hasil dan keuntungan merupakan prinsip yang diterapkan dalam pinjaman dana pendidikan syariah ini. Pihak yang bersangkutan dan lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman tersebut berbagi keuntungan yang dihasilkan dari pendidikan yang telah dijalani. 

BACA JUGA:Banyak yang Belum Tahu, Ini Persyaratan Pengajuan Pinjaman Dana Pendidikan Syariah Praktis dan Aman

Keuntungan Pinjaman Dana Pendidikan Syariah

  1. Memberikan kesempatan kepada pihak yang meminjam untuk berbagi keuntungan dengan pihak lembaga keuangan syariah yang terkait.
  2. Memiliki proses pengajuan pinjaman dana dengan mudah dan cepat.
  3. Pinjaman dana pendidikan syariah tidak membebani pihak yang meminjam dengan bunga. Pihak yang meminjam hanya perlu membayarkan ujrah atau biaya administrasi yang relatif rendah dan terjangkau sebagai ganti dari bunga yang dihasilkan.
  4. Jangka waktu yang ditawarkan juga fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan dari pihak yang meminjam.
  5. Prinsip yang diterapkan oleh pihak lembaga keuangan syariah tentunya sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan juga nilai-nilai Islam. 

Syarat Mengajukan Pinjaman Dana Pendidikan Syariah

  • Beragama Islam
  • Usia min. 17 tahun dan maks. 60 tahun
  • Memiliki surat keterangan penghasilan
  • Memiliki jaminan sesuai dengan ketentuan Lembaga keuangan syariah
  • Memiliki KTP yang masih berlaku
  • Memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Memiliki rekening bank syariah
  • Memiliki surat keterangan atau bukti penerimaan dari Lembaga yang dituju. 

BACA JUGA:Tips Mendapatkan Pinjaman Dana Pendidikan untuk si Kecil, dan Ketahui Jenis-jenisnya!

Adapun beberapa perbedaan persyaratan khusus yang dimiliki oleh lembaga keuangan syariah. Karena itu, jangan lupa untuk mencari tahu dan mengecek informasi terkait dengan pinjaman dana tersebut yang berbasis syariah.

Jika pengajuan peminjaman telah disetujui, kalian akan menerima surat persetujuan pinjaman yang berisi rincian seperti nominal pinjaman, jangka waktu, cara pembayaran hingga persentase dari bagi hasil yang dibagi bersama.

Kalian bisa mengajukan pinjaman dana tersebut secara datang langsung ataupun melalui online. Seperti proses peminjaman pada umumnya, setelah mengajukan pinjaman tersebut, kalian harus menunggu proses verifikasi dan analisis kredit dari lembaga keuangan syariah yang telah dipilih. 

Menandatangani surat persetujuan pinjaman tersebut merupakan tanda bukti kesepakatan antara pihak yang meminjam dan Lembaga keuangan syariah yang meminjamkan dana tersebut. Setelah semua syarat dan proses telah dilaksanakan dengan baik, pihak yang meminjam akan segera menerima dana pinjaman tersebut dan langsung bisa digunakan untuk membayar pendidikan yang akan dijalani. 

BACA JUGA:5 Daftar Pinjaman Dana Pendidikan Terjangkau dengan Bunga Ringan, Proses Cepat dan Terpercaya!

Pilihlah yang Tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: