Penyebab dan Cara Praktis Mengatasi Sinyal Hp yang Hilang

Penyebab dan Cara Praktis Mengatasi Sinyal Hp yang Hilang

Ketahui Penyebab dan Cara Praktis Mengatasi Sinyal Hp yang Hilang-Tangkapan layar diswayjateng.id-

Namun, jika kartu SIM tetap tidak mendapatkan sinyal di ponsel lain, maka kartu SIM Anda mungkin mengalami kerusakan. Dalam hal ini, Anda bisa mencoba menggunakan kartu SIM yang lain. Untuk kartu SIM yang rusak, sebaiknya bawa ke penyedia layanan terdekat untuk penggantian atau perbaikan.

3. Mengulang Ponsel

Salah satu cara yang sering digunakan untuk mengatasi masalah sinyal yang hilang di ponsel adalah dengan melakukan pengulangan ponsel. Dengan cara ini, ponsel akan memulai semua proses dari awal, sehingga secara otomatis akan mencari jaringan baru.

Melakukan pengulangan ponsel juga dapat menyelesaikan berbagai masalah yang mungkin terjadi, termasuk koneksi yang lemah hingga ponsel yang lambat.

Proses untuk mengulang ponsel cukup sederhana. Pada beberapa model ponsel, Anda hanya perlu menekan tombol daya (beberapa model memerlukan kombinasi dengan tombol volume bawah), kemudian pilih opsi "Restart" atau "Mulai Ulang Ponsel".

4. Mencari Jaringan Secara Manual

Anda dapat mencoba untuk mencari sinyal atau jaringan secara manual. Caranya cukup mudah. Masuklah ke pengaturan ponsel atau settings. Kemudian pilih Jaringan > Koneksi.

Setelah itu, pilih Jaringan Seluler > Pilih Operator > Otomatis. Ponsel Anda akan mencoba mendeteksi sinyal yang tersedia di sekitar Anda.

Anda juga bisa mengakses Pengaturan ponsel > Jaringan dan Nirkabel > Pastikan mode 4G aktif. Pilih jenis jaringan LTE / WCDMA / GSM dan biarkan perangkat menangkap sinyal.

5. Lakukan Pembaruan Sistem

Sebagai perangkat Smartphone yang menggunakan perangkat lunak, tidak jarang muncul bug. Jika masalah sinyal yang hilang disebabkan oleh bug sistem, Anda sebaiknya melakukan pembaruan sistem pada ponsel Anda. Dengan melakukan pembaruan, diharapkan sistem ponsel dapat berfungsi lebih baik, lebih stabil, dan berbagai bug dapat diperbaiki.

Untuk melakukan pembaruan sistem, Anda dapat mengakses pengaturan ponsel. Selanjutnya, pilih menu Tentang Ponsel > Pembaruan Sistem. Jika tersedia versi terbaru, Anda hanya perlu mengunduhnya. Setelah itu, instal pembaruan di ponsel Anda. Langkah terakhir adalah melakukan restart pada ponsel. Pembaruan perangkat lunak akan terpasang secara otomatis di perangkat Anda.

6. Mengatur Sinyal Radio

Untuk mengatasi masalah sinyal yang hilang di ponsel, Anda bisa mencoba mengatur sinyal radio. Caranya, masukkan kode ##4636## di menu dial ponsel. Setelah itu, akan muncul tampilan menu baru.

Selanjutnya, pilih opsi “Informasi Telepon”. Kemudian, klik pada bagian “Uji Ping”. Setelah itu, gulir layar ponsel ke bawah dan pilih “LTE/GSM Auto (PRL)”. Tekan tombol “Matikan Radio”. Setelah semua langkah dilakukan, Anda hanya perlu mengulang ponsel dan periksa apakah sinyal sudah kembali atau belum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: