Pengembangan Potensi Mental Spiritual Ekosistem Sekolah

Pengembangan Potensi Mental Spiritual Ekosistem Sekolah

ANTIPERUNDUNGAN - Siswa didik SD Negeri Demangharjo 02 dilibatkan dalam workshop pengembangan potensi mental spiritual.Foto:Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, WARUREJA - Upaya mengembangkan potesi mental spiritual di ekosistem sekolah dilakukan SD Negeri Demangharjo 02, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal. Kegiatan kali ini digulirkan dengan melibatkan murid sebagai warga sekolah, guru, komite, dan sekaligus orang tua siswa.

Kepala SD Negeri 02  Demangharjo Rina Taurisia SPdSD menyatakan bahwa pengembangan potensi mental spiritual ekosistem sekolah dilakukan melalui pendekatan agama dan Pancasila. Sebagai pondasi di era digitalisasi saat ini. Riilnya, kegiatan dilakukan dengan peningkatan kompetesi guru, seminar parenting dan workshop siswa. “Untuk menciptakan kolaborasi dan sinergi seluruh komponen ekosistem sekolah," ujarnya.

BACA JUGA:2030, TPA Penujah Kabupaten Tegal Diprediksi Membludak

Selebihnya, melalui kegiatan ini diharapkan mampu mengembangkan potensi komponen biotik sekolah. Meliputi siswa, guru, komite sekolah dan orang tua siswa. Kegiatan yang melibatkan siswa didik dalam bentuk workshop atau seminar diharapka bisa menguatkan mental dan spiritual siswa dalam membangun sinergi dan kolaborasi menuju sekolah ramah anak, religius dan berkarakter  Pancasila.

Pendidikan karakter pada jenjang pendidikan dasar mendapatkan porsi yang lebih besar dibandingkan pendidikan yang mengajarkan pengetahuan. Untuk SD sebesar 70 persen, sedangkan untuk SMP sebesar 60 persen. Gerakan penguatan pendidikan larakter ini sebagai  pondasi dan roh utama pendidikan.

BACA JUGA:Gelorakan Semangat Atlet Disabilitas, Kirab Api Obor Mrapen Meriahkan Peparnas XVII

“Tidak hanya olah pikir (literasi), penguatan mental dan karakter ini diharapkan bisa  mendorong agar pendidikan nasional kembali memperhatikan olah hati (etik dan spiritual) olah rasa (estetik) dan juga olahraga (kinestetik),” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: