5 Konsekuensi Telat Bayar Pinjol Legal

5 Konsekuensi Telat Bayar Pinjol Legal

konsekuensi telat bayar pinjol legal--foto akurat.co

3. Kemungkinan Ditindak Hukum 

Dalam kasus keterlambatan pembayaran yang berkepanjangan, ada risiko tindakan hukum dari pihak pinjaman. Lembaga keuangan bisa menuntut kalian untuk mendapatkan pembayaran, yang bisa menyebabkan proses hukum dan tentunya biaya tambahan.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Mengatasi Telat Bayar Pinjol dalam 1 Hari Saja? Lakukan 5 Solusi Cerdas Ini

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Telat Bayar Pinjol Agar Bebas dari Bunga dan Kunjungan DC

4. Risiko Kena Blacklist SLIK OJK 

Konsekuensi telat bayar pinjol legal selanjutnya yaitu dapat menyebabkan kalian masuk ke dalam blacklist SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perlu diketahui, informasi negatif tentang riwayat kredit kalian akan tercatat dan bisa mempengaruhi kemampuan kalian dalam mendapatkan kredit di masa depan.

5. Skor Kredit Jelek 

Telat membayar pinjaman juga bisa merusak skor kredit kalian. Skor kredit yang rendah akan menyulitkan kalian dalam mengakses pinjaman di masa depan atau mendapatkan fasilitas kredit lainnya, seperti kartu kredit, pengajuan leasing hingga kredit kepemilikan rumah (KPR).

Dengan memahami dan menghindari konsekuensi ini penting untuk menjaga kesehatan keuangan kalian. Dan pastikan untuk membayar pinjaman tepat waktu atau segera cari solusi jika mengalami kesulitan dalam melunasi utangnya. 

Dengan demikian beberapa informasi seputar konsekuensi telat bayar pinjol legal yang perlu kalian ketahui untuk mencegah galbay alias gagal bayar dan bisa membayar dengan tepat waktu. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: