Posyandu ILP, Kader Rutin Pantau Kesehatan Masyarakat

Posyandu ILP, Kader Rutin Pantau Kesehatan Masyarakat

Bupati Demak didampingi Kepala Puskesmas Karangawen 1 saat meninjau Posyandu ILP di desa Pundenarum Demak--

DEMAK, diswayjateng.id - Sebagai sarana untuk mencegah angka kesakitan di masyarakat, Kemenkes RI melakukan transformasi kesehatan dengan mengadakan Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) salah satunya yang ditinjau Bupati Demak, dr Eisti'anah SE, di desa Pundenarum Karangawen Demak.

Ia menyampaikan bahwa melalui Posyandu ILP, kondisi kesehatan masyarakat rutin dipantau.  Mulai dari kehamilan, bayi lahir, usia sekolah, dewasa hingga lanjut usia (lansia) sekaligus juga diberikan edukasi tentang hidup sehat yang pelayanannya terpadu di satu tempat.

“Masyarakat yang datang ke Posyandu ILP dari semua unsur siklus usia dicek. Mulai ibu hamil, bayi lahir hingga lansia. Sambil diberi edukasi tentang hidup sehat,” ucap Bupati Demak pada diswayjateng.id, Jumat 20 September 2024.

Ia melanjutkan, bahwa penitik beratan pada Puskesmas ILP adalah pencegahan, saat ada pasien yang memiliki hipertensi atau DM maka kader posayandu didampingi nakes akan memberikan edukasi agar tidak terjadi stroke. 

"Sehingga dapat meminimalisir orang sakit dan kedatangan berobat ke rumah sakit. Harapannya setelah diedukasi masyarakat dapat hidup sehat," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Karangawen 1 dr Maria Ulfah menyampaikan, inti Posyandu ILP adalah mendekatkan layanan kesehatan pada masyarakat. Saat ada keluhan maka dari tingkat dusunpun melalu Posyandu ILP dapat dilayani.

"Screening kesehatan dilakukan oleh kader-kader Posyandu ILP yang sudah dilatih 25 keterampilan di Puskemas ILP. Hasilnya, bisa terpantau kesehatan masyarakat sesuai siklus hidup,"ucapnya.

Di mana bayi dipantau tumbuh kembangnya, usia produktif dapat diketahui faktor risiko penyakit. Begitu pun kelompok lansia untuk diketahui faktor risiko penyakitnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: