Kepala Cabdin Pendidikan XI Tegal Beri Apresiasi Terbitnya Buku Rapalan Sejuta Asa

Kepala Cabdin Pendidikan XI Tegal Beri Apresiasi Terbitnya Buku Rapalan Sejuta Asa

MENERIMA - Kepala Cabdin Pendidikan Wilayah XI Tegal Indri Astuti menerima buku.Foto:Meiwan Dani R/diswayjsteng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Siswa-siswi SMK Negeri 2 Kota Tegal telah menerbitkan buku antologi cerpen yang diberi judul Rapalan Sejuta Asa, buku tersebut merupakan buku karya kelima yang mendapat dukungan dari pihak sekolah. Kepala SMK Negeri 2 Tegal Mas Rudiyanto bersama guru pembimbing dan Ketua Umum Forum Perpustakaan Sekolah/Madrasah Indonesia (FPSMI) Dr Yusqon.

Berkunjung ke Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Wilayah XI Kota Tegal dan Kabupaten Brebes dengan mengenalkan buku tersebut. Kunjungannya diterima langsung oleh Kepala Cabdin Pendidikan Wilayah XI Tegal Indri Astuti di Ruang Kerja Cabdin XI Tegal.

BACA JUGA:Disdikbud Kota Tegal Berhasil Turunkan Angka Stunting

Guru bahasa sekaligus guru pembimbing Cinthya Nugraha mengatakan, buku antologi atau kumpulan cerpen itu merupakan kumpulan dari siswa-siswi jurnalistik SMK Negeri 2 Kota Tegal. Setelah pengumpulan karyanya selanjutnya proses validitas, revisi dan lain sebagainya hingga karya tersebut benar-benar bisa layak terbit.

"Proses penyusunan buku Rapalan Sejuta Asa kurang sekitar enam bulan dan memasuki proses penerbitan kurang lebih selama 2 bulan," ujarnya.

Penulisan ini juga bersinergi dengan kurikulum merdeka, dan pembuatan cerpen juga masuk dalam pembelajaran siswa-siswi jurnalistik.

BACA JUGA:SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Ketua Umum FPSMI Dr Yusqon mengungkapkan, bertepatan dengan bulan September sebagai bulan aksara dan Oktober menyambut bulan bahasa, sangat tepat siswa-siswi menerbitkan karyanya yakni buku Rapalan Sejuta Asa. Pihaknya berharap  bakat siswa-siswi ini bisa terus menular dan memotivasi siswa-siswi lainnya untuk gemar menulis.

"Perlu diketahui bahwa gagasan menerbitkan karya buku ini sudah ada sejak 2015, yang disambut baik dan bersinergi dengan Kepsek dan para guru yang mendukung gerakan literasi," katanya.

BACA JUGA:Dinas Perkim Kabupaten Tegal Intervensi Bantuan RTLH untuk Desa Tertinggal

Kepala SMK Negeri 2 Kota Tegal Mas Rudianto menambahkan, bahwa penerbitan karya-karya siswa menjadi buku sudah dilakukan sejak lama, bahkan sebelum penerapan kurikulum merdeka. Jadi pengembangan minat dan bakat siswa ini juga sudah sejalan dengan kurikulum merdeka.

"Namun yang perlu ditekankan, bahwa SMK Negeri 2 sangat mendukung peningkatan literasi di sekolah baik untuk guru, maupun para siswa," terangnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Wilayah XI Tegal Indri Astuti mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih untuk anak-anak yang telah berhasil menerbitkan buku Rapalan Sejuta Asa.

BACA JUGA:Bentuk Tim Percepatan KSPN Guci Kabupaten Tegal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: