Penyebab Hp Restart Sendiri dan Cara Mengatasinya

Penyebab Hp Restart Sendiri dan Cara Mengatasinya

Ketahui Penyebab HP Restart Sendiri dan Cara Efektif Mengatasinya-Tangkapan layar diswayjateng.id-

HP juga dapat mengalami restart berulang jika tombol daya tertekan terus-menerus. Ini adalah masalah yang sering dialami pengguna, terutama jika pelindung yang digunakan tidak sesuai dengan perangkat.

Jika HP Anda terus restart setelah terjatuh ke dalam air atau tanah, kemungkinan besar masalahnya berkaitan dengan kerusakan pada komponen perangkat keras akibat kelembapan atau benturan.

Dalam kasus seperti ini, sebaiknya Anda membawanya ke pusat layanan untuk diperbaiki. Teknisi akan melakukan diagnosis terhadap masalah tersebut dan memberikan rekomendasi langkah selanjutnya.

BACA JUGA:5 Daftar Hp Vivo V Series RAM 8GB, Harga Cuma Rp2 Jutaan

Penggunaan Aplikasi yang Tidak Terpercaya  

Seringkali, masalah Hp yang restart sendiri disebabkan oleh aplikasi yang berkualitas rendah. Disarankan untuk menghapus aplikasi yang tidak terpakai dan memastikan bahwa aplikasi yang digunakan adalah aplikasi yang dapat diandalkan, terutama yang berkaitan dengan email atau pesan teks.  

Ada kemungkinan juga bahwa aplikasi yang berjalan di latar belakang menyebabkan perangkat Android melakukan restart secara mendadak. Jika mencurigai adanya aplikasi latar belakang yang menjadi penyebabnya, lakukan langkah-langkah berikut:  

Hapus aplikasi yang tidak terlalu diperlukan, terutama yang berkaitan dengan pengaturan suara, nada dering, wallpaper, widget yang berlebihan, atau yang menggunakan GPS.  

Pastikan semua aplikasi yang terpasang adalah versi terbaru. Perbarui semua aplikasi melalui Play Store dengan membuka 'Menu' > 'Pengaturan' > 'Aplikasi'.  

Hapus aplikasi yang berjalan di latar belakang. Setelah melakukan restart, buka 'Pengaturan' > 'Lainnya...' > 'Aplikasi' > 'Berjalan'. Jika ada aplikasi yang dapat dihapus dan tidak terlalu penting, lakukan penghapusan. Jika tidak bisa dihapus, coba bekukan aplikasi tersebut jika memungkinkan.  

Perbarui aplikasi yang digunakan dengan membuka Google Play Store dan memilih ikon profil di pojok kanan atas. Kemudian, pilih Kelola aplikasi & perangkat > Perbarui semua aplikasi.

Sistem Perangkat Lunak Kadaluarsa  

Masalah pada sistem perangkat lunak bisa terjadi jika ponselmu sudah lama tidak mendapatkan pembaruan. Pembaruan sistem tidak hanya menambahkan fitur baru, tetapi juga sering kali menyertakan perbaikan untuk bug dan masalah lain dalam perangkat lunak.

Jadi, jika kamu masih menggunakan versi perangkat lunak yang lama, saatnya untuk memperbarui agar dapat mengatasi masalah reboot yang tidak teratur.

Adanya Malware  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: