Bawaslu Kabupaten Pemalang Telusuri Bakal Calon, Temukan Vicky Prasetyo Jadi Bacalon Wakil Bupati Pohuwato

Bawaslu Kabupaten Pemalang Telusuri Bakal Calon, Temukan Vicky Prasetyo Jadi Bacalon Wakil Bupati Pohuwato

KONVOI - Bakal Calon Bupati Pemalang Vicky Prasetyo bersama pasangannya Mochammad Suwendi konvoi saat mendaftar di KPU.Foto:Agus Pratikno/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG - Untuk mengantisipasi terjadinya sengketa di Pilkada 2024. Badan Pengawas Pemilu (BawasluKabupaten Pemalang melakukan penelusuran terkait syarat pencalonan bagi semua pasangan bakal calon bupati maupun wakil bupati

Dari hasil penelusuran, ditemukan Vicky Prasetyo menjadi bakal calon wakil bupati di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo. Dari calon perseorangan yang berpasangan dengan Salahudin Pakaya sebagai bakal calon bupati Pohuwato.

BACA JUGA:KPU Demak: Hasil Penelitian Administrasi Kedua Pasang Cabup-Cawabup Memenuhi Syarat

Meskipun demikian, pencalonan Vicky Prasetyo sebagai telah selesai dan tidak menjadi masalah. Karena dinyatakan oleh KPU Kabupaten Tohawatu Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan permohonan gugatan terkait pencalonannya  juga telah ditolak oleh Bawaslu setempat. Sekarang, Vicky Prasetyo memilih mendaftar sebagai bakal calon bupati Pemalang bersama Mochammad Suwendi sebagai wakil bupatinya. 

Ketua Bawaslu Kabupaten Pemalang melalui Devisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Chairul Umam mengatakan, upaya preventif Bawaslu dalam mengantisipasi terjadinya sengketa di Pilkada.  Pihaknya telah melakukan penelusuran terkait syarat pencalonan.

Dari hasil penelusuran itu, bahwa Vicky Prasetyo sebagai bakal calon wakil bupati perseorangan di luar daerah tempatnya di Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Dimana yang bersangkutan dalam pencalonannya telah di TMS oleh KPU setempat, yaitu tidak memenuhi syarat.

BACA JUGA:Polres Demak Gagalkan Pengiriman Ratusan Bahan Baku Es Moni

"Karena di TMS, maka dalam sistem informasi pencalonan atau Silon tidak muncul kegandaan,"katanya.

Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)  Kabupaten Pemalang Iskandar Ali Syahbana ketika dikonfirmasi terkait pencalonannya bakal calon bupati Pemalang yang diusung partainya yakni Vicky Prasetyo. Pihaknya membenarkan bahwa yang bersangkutan pernah mencoba melakukan pencalonan sebagai wakil  bupati di Kabupaten Pohuwato. Namun, pencalonannya melalui perseorangan tidak berhasil akhirnya balik kanan dan memilih pencalonannya di Kabupaten Pemalang.

Lebih lanjut Iskandar Ali Syahbana menjelaskan bahwa Vicky Prasetyo juga tidak pernah mendaftar sebagai bakal calon wakil bupati di Kabupaten Pohuwato. Dimungkinkan, karena melalui perseorangan dirasa sangat berat akhirnya nenarik diri tidak jadi diteruskan pencalonannya. 

BACA JUGA:Catat! Ini Ciri-ciri Rabies pada Hewan

"Meskipun waktu itu ingin berproses dalam pencalonannya melalui perseorangan, namun karena dirasakan berat segala sesuatunya, maka menyatakan keluar pencalonan di Kabupaten Pohuwato. Bahkan sudah berpamitan dengan pasangan bakal calon bupatinya,"tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: