7 Ciri-ciri Modus Penipuan Pinjol di Media Sosial

7 Ciri-ciri Modus Penipuan Pinjol di Media Sosial

ciri-ciri modus penipuan pinjol di media sosial--foto investbro.id

DISWAY JATENG.ID - Ciri modus penipuan pinjol di media sosial yang paling meresahkan yaitu penagihan yang tidak pernah diajukan. Beberapa individu melaporkan menerima tagihan dan ancaman dari pihak yang mengajukan penyelenggara pinjol.

Perkembangan teknolongi finansial telah membawa kemudahan akses terhadap terhadap layanan keuangan, salah satunya pinjaman online. Namun bersamaan dengan itu, muncul pula berbagai modus penipuan pinjol dimedia sosial yang menawarkan kebutuhan masyarakat akan akses dana cepat. 

Kemudahan layanan yang diberikan menjadi kelebihan untuk masyarakat agar lebih fleksibel, kalian tidak perlu repot-repot datang ke tempat cukup dirumah saja sudah bisa mendapatkan pinjaman dana online untuk penuhi kebutuhan. Untuk itu, perlu memahami ciri modus penipuan pinjol di media sosial agar tidak merasa di rugikan. 

Bila kalian membutuhkan pinjaman dana cepat cair tetaplah waspada jangan sampai menjadi korban penipuan selanjutnya. Untuk itu, kenali dan ingatlah ciri-ciri modus penipuan pinjol di media sosial berikut ini.

BACA JUGA:Ciri Modus Penipuan Pinjol Ilegal yang Sering Terjadi

Ciri-ciri Modus Penipuan Pinjol di Media Sosial 

1. Tampilan Media Sosial Tidak Profesional

Ciri modus penipuan pinjol di media sosial yaitu lihatlah pada tampilan media sosialnya baik di facebook atau instagram. Setiap penyelenggara pinjol resmi pastinya mereka memiliki satu tim khusus yang mengelola media sosialnya agar terlihat rapih, menarik dan profesional.

Ini jelas berbeda dengan media sosial pinjol abal. Pastinya tampilan media sosialnya berantakan, gambarnya pecah, bahkan sebagian besar dari mereka yaitu hanya mengambil postingan pinjol lain dan mempostingnya kembali di media sosialnya.

2. Meminta Informasi Pribadi 

Pada umumnya untuk kelengkapan data calon peminjam, pihak pinjol legal hanya meminta informasi seputar nama peminjam, nomor telepon yang aktif dan alamat email saja. Rekening bank yang diminta pun untuk pengecekan riwayat kredit dan pencairan dana.

Pada pihak pinjol abal atau ilegal akan mengelabui nasabahnya dengan alasan agar dana cepat cair, maka peminjam harus menyerahkan data pribadi lainnya seperti pin atau password perbankan.

BACA JUGA:Hati-hati! ini Modus Penipuan Jasa Hapus Data Pinjol Kepada Debitur Galbay

3. Adanya Penawaran Produk yang Memaksa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://afpi.or.id/articles/detail/modus-terbaru-penipuan-pinjol-ilegal