Dinkes Kabupaten Pemalang Ingatkan Masyarakat Lakukan 3M

Dinkes Kabupaten Pemalang Ingatkan Masyarakat Lakukan 3M

MENJELASKAN - Kepala Dinkes Kabupaten Pemalang memberikan penjelasan.Foto:M Ridwan/diswayjateng.disway.id --

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pemalang mengajak dan mengingatkan masyarakat untuk kembali melaksanakan kebiasaan Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak dengan orang sakit (3M). Hal itu menyusul munculnya 80 kasus penyakit cacar monyet atau Mpox di Indonesia, yang dikhawatirkan bisa menjangkit masyarakat Kabupaten Pemalang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang dr Yulies Nuraya mengungkapkan, pihaknya telah menerima perintah dari Kemenkes RI untuk menyosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya penyakit mpox atau cacar monyet ini. Dari karakteristik virusnya, Mpox dapat menular melalui partikel-partikel cairan yang masuk ke dalam tubuh, sehingga masyarakat perlu waspada dengan mulai melaksanakan 3M, seperti saat Covid-19.

BACA JUGA:Jawa Tengah Terbitkan Pergub Pencegahan dan Penanganan TPPO

“Kalau kasus di Kabupaten Pemalang kita belum ada laporan ke dinas sampai hari ini. Tetapi karena di Indonesia sudah ada, maka perlu diwaspadai,” jelasnya.

Yulies menyatakan, gejala mpox antara lain demam, sakit kepala hebat, nyeri otot, sakit punggung, lemas, pembengkakan kelenjar getah bening (di leher, ketiak atau selangkangan). Serta ruam atau lesi kulit. Ruam biasanya dimulai dalam satu sampai tiga hari sejak demam. 

BACA JUGA:Adakan Pelatihan Penggunaan dan Baca Alat Ukur

"Ruam atau lesi pada kulit ini berkembang mulai dari bintik merah seperti cacar, lepuh berisi cairan bening, lepuh berisi nanah, kemudian mengeras atau keropeng lalu rontok," terangnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: