5 Cara Meningkatkan RAM pada Hp Android agar Kinerja Optimal

5 Cara Meningkatkan RAM pada Hp Android agar Kinerja Optimal

5 Cara Meningkatkan RAM Pada Hp Android Agar Kinerja Optimal-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG.ID - RAM merupakan komponen krusial dalam sebuah HP Android yang berfungsi untuk mempercepat proses pengolahan data. Ketika kapasitas RAM hampir penuh, kinerja aplikasi dan sistem bawaan akan mengalami penurunan. Namun, Anda tidak perlu khawatir ada cara meningkatkan RAM pada Hp Android agar kinerja optimal.

Cara meningkatkan RAM pada Hp Android agar kinerja optimal. Menurut Android Central, RAM atau Random Access Memory adalah bagian dari ponsel yang digunakan untuk menjalankan sistem operasi serta menyimpan aplikasi dan data yang sedang aktif.

Cara meningkatkan RAM pada Hp Android agar kinerja optimal. RAM berfungsi dengan menyimpan dan menyediakan data penting yang diperlukan oleh prosesor dengan cepat. Data tersebut kemudian diproses menjadi informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Oleh karena itu, ukuran RAM sangat memengaruhi kecepatan respons ponsel saat digunakan.

Saat ini, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan cara meningkatkan RAM pada Hp Android agar kinerja optimal agar penggunaan semakin efisien. Apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan? Berikut adalah penjelasannya yang telah dilansir dari Doran Gadget.

BACA JUGA:7 Cara Membersihkan Kamera Hp yang Berdebu

Cara meningkatkan RAM pada Hp Android agar kinerja optimal 

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan RAM pada Hp Android agar kinerja optimal, baik dengan menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Cara ini umumnya berlaku untuk sebagian besar HP Android yang digunakan di Indonesia.

1. Hapus Aplikasi Berukuran Besar

Cara pertama yang mudah adalah dengan menghapus aplikasi yang memiliki ukuran besar, terutama jika aplikasi tersebut jarang atau tidak digunakan. Semakin banyak aplikasi yang terpasang di HP, semakin sedikit ruang yang tersedia. Untuk menghapus aplikasi yang tidak terpakai, ikuti langkah-langkah berikut:

Pilih menu “Pengaturan / Setting” dan lanjutkan ke “Kelola Aplikasi”.

Periksa dan pilih aplikasi yang ingin Anda hapus.

Sebelum menghapus, bersihkan memori dari aplikasi tersebut dengan memilih “Bersihkan Cache” dan kemudian “Data Pengguna”.

Terakhir, pilih “Uninstal” untuk menghapus aplikasi tersebut.

2. Cara Menambah RAM HP dengan Aplikasi Cleaner  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: doran gadget