8 Cara Melunasi Utang Pinjaman Online

8 Cara Melunasi Utang Pinjaman Online

cara mudah melunasi jeratan utang pinjol --foto bantennews.co

BACA JUGA:7 Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol dalam 2 Hari Saja

5. Berkomunikasi dengan Perusahaan Pemberi Pinjaman 

Pilihan ini sulit diambil oleh sebagian orang karena merasa akan diintimidasi. Meski demikian, dengan membawa pihak keluarga atau rekan yang mampu bernegosiasi jangan ragu untuk menghubungi pemberi pinjaman. Mereka mungkin bersedia mengatur pembayaran yang lebih fleksibel atau memberikan opsi restrukturisasi utang.

6. Analisis Pendapatan dan Pengeluaran 

Cara melunasi jeratan utang pinjol berikutnya bisa dilakukan dengan menganalisa pendapatan dan pengeluaran bulanan. Untuk melakukan cara ini, kalian hanya memerlukan sebuah buku catatan atau spreadsheet untuk membuat perencanaan. Setelah menganalisa, kalian dapat membuat strategi untuk melunasi utang. 

Dilansir dari Kementerian Keuangan, sebaiknya kalian mengalokasikan dana sebesar 25% sampai 35% untuk membayar utang. Persentase ini dibilang sangat baik dan tidak mengganggu pengeluaran bulanan lainnya.

7. Hindari Gali Lubang Tutup Lubang 

Langkah berikutnya yaitu dengan menghindari gali lubang tutup lubang. Dalam hal ini, gali lubang tutup lubang berarti mengajukan pinjaman online baru untuk membayar pinjol yang sudah jatuh tempo sebelumnya. Meski menyelesaikan masalah pertama, namun hal ini tidak akan membuat kalian terbebas dari jeratan pinjaman online. Masalah yang sama pun akan terulang kembali.

BACA JUGA:7 Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bunga dan Denda

8. Ajukan Permohonan Pembayaran dengan Bunga Rendah 

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengajukan permohonan untuk membayar cicilan utang dengan bunga rendah. Sayangnya, langkah ini sangat jarang diketahui oleh banyak orang sehingga mereka memilih kabur sementara waktu sampai mendapatkan uang untuk membayar cicilan. 

Memang tidak selalu diterima, namun jika benar memiliki kendala, kalian dapat berdiskusi dengan pihak piutang untuk mencari jalan tengah dari masalah ini. Strategi ini menjadi opsi terbaik untuk melunasi utang pinjol lebih awal untuk menghindari beban tambahan dari bunga atau denda keterlambatan. 

Dengan demikian beberapa informasi mengenai cara melunasi jeratan utang pinjol atau pinjaman online yang bisa kalian coba dan lakukan untuk menghindari dari beban tagihan yang kian menumpuk. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: