Gladi Sispamkota, Polres Tegal Jalin Sinergi Amankan Pilkada

Gladi Sispamkota, Polres Tegal Jalin Sinergi Amankan Pilkada

KOREKSI - Kapolres Tegal mencermati gladi Sispamkota sekaligus mengoreksi keseriusan personelnya.Foto:Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Upaya persiapan jelang Pilkada serentak 2024, Polres Tegal   melaksanakan gladi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota)  di Area C Alun-alun Hanggawana Slawi. Kegiatan kali ini melibatkan personel TNI, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan BPBD Kabupaten Tegal

Perwakilan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tegal juga turut hadir dalam gladi Sispamkota Polres Tegal.  Gladi Sispamkota persiapan jelang Pilkada 2024 berlangsung sekitar pukul 09.00 hingga 11.00 WIB dengan dua kali pelaksanaan simulasi disaksikan langsung Kapolres Tegal AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah didampingi pejabat utama Polres Tegal. 

BACA JUGA:Simulasi Sispamkota Polres Pemalang

Kapolres Tegal AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah menjelaskan, tujuan dilaksanakannya Sispamkota adalah untuk mengantisipasi jika terjadi situasi kontinjensi atau kondisi yang berpotensi terjadi saat pelaksanaan Pilkada mendatang. 

"Dari kegiatan ini, kami  berharap personel Polres Tegal bisa membaca situasi dan mengetahui bagaimana cara bertindak pada saat terjadi situasi kontinjensi," ujarnya.

BACA JUGA:Masyarakat Kota Tegal Diajak Gunakan Air Bersih 10 Kubik per Bulan

Nantinya,  ketika situasi tidak terkendali, maka personel Polres Tegal dan unsur terkait sudah memahami harus bertindak bagaimana dan apa yang harus dilakukan.  Sispamkota juga untuk menguji kesiapan mental personel ketika menghadapi situasi ricuh.

Untuk hari pelaksanaan simulasi Sispamkota dilaksanakan pada Jumat (23/8) di lokasi yang sama, yakni Area Alun-alun Hanggawana Slawi, tepatnya di depan Kantor Pemkab Tegal. Rencananya, kegiatan Sispamkota Polres Tegal akan dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB. 

"Sebelumnya, di hari yang sama juga akan kita lakukan gelar pasukan pengamanan Pilkada serentak," ungkapnya. 

BACA JUGA:Fraksi PAN DPRD Kota Tegal Soroti Kesemrawutan PKL

Pihaknya juga berharap, Polri  tetap bersinergi dengan TNI dan instansi terkait untuk pelaksanaan Sispamkota.  Menyaksikan gladi Sispamkota dari awal hingga akhir, AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah melihat yang paling utama adalah menyiapkan mental personel menghadapi situasi ricuh atau chaos. 

Hal inilah yang memang harus dilatih dan menjadi fokus utama. Ketika tidak dilatih dan ternyata pada Pilkada 2024 mendatang khususnya di Kabupaten Tegal terjadi yang tidak diinginkan atau dalam hal ini kericuhan, personel tidak memiliki mental atau keberanian lebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: