Ratusan Pelajar MAN 2 Tegal Ikuti GABS Bersama Dinkes dan Puskesmas Pagerbarang

Ratusan Pelajar MAN 2 Tegal Ikuti GABS Bersama Dinkes dan Puskesmas Pagerbarang

GABS - Ratusan pelajar MAN 2 Tegal saat mengikuti GABS di halaman sekolah.Foto:Yeri Noveli/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, SLAWI – Gerakan Aksi Bergizi Serentak (GABS) diselenggarakan secara nasional. Ratusan pelajar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tegal mengikuti kegiatan tersebut. Acara dipusatkan di MAN 2 Tegal Jalan Gamprit Nomor 1, Pagerbarang, Kecamatan Pagerbarang.

Hadir dalam acara tersebut, Kabag Kesra Setda Kabupaten Tegal Abdul Basit dan Kepala Bidang SDMK dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kabupaten Tegal.

Seluruh siswa-siswi MAN 2 Tegal membawa bekal makanan bergizi seimbang. Kegiatan GABS ini diawali dengan senam dan sarapan bersama. Kemudian seluruh remaja putri minum tablet tambah darah bersama.

BACA JUGA:Bangun Kekompakan Pilar Sosial, Dinsos Kabupaten Tegal Lomba Pitulasan

Kepala Puskesmas Pagerbarang dr Endah mengatakan, jumlah peserta dalam kegiatan tersebut sebanyak 731 anak. Mereka merupakan pelajar kelas 10-12. Dari jumlah tersebut, ada 420 pelajar putri.

Menurut Endah, gerakan aksi bergizi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa-siswi dalam membiasakan aktivitas fisik, makan-makanan dengan menu gizi seimbang, konsumsi tablet tambah darah, dan edukasi kesehatan terkait gizi remaja.

Endah juga menyampaikan edukasi gizi dan pentingnya konsumsi tablet tambah darah bagi remaja putri.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Mulai Dropping Air Bersih

"Empat dari sepuluh siswi di Kabupaten Tegal mengalami anemia, jika kegiatan ini rutin dilaksanakan, angka anemia di Kabupaten Tegal dapat diatasi dengan baik," kata Kabid SDMK dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kabupaten Tegal R Siti Iva Rifda Chomsiyah.

Sementara, Kabag Kesra Setda, Abdul Basit menambahkan, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Remaja Internasional 12 Agustus 2024.

"Kegiatan ini merupakan implementasi dari program Kemenkes yakni melaksanakan GABS tahun 2024 di seluruh Indonesia," ucapnya.

BACA JUGA:Disperintransnaker Kabupaten Tegal Pastikan Hubungan Industrial yang Harmonis

Kepala MAN 2 Tegal Dr Kasturi MPd mengucapkan terimakasih kepada jajaran Dinkes dan Puskesmas Pagerbarang yang telah memberikan pengetahuan tentang gizi dan turut mendampingi kegiatan GABS tersebut.

"Kami berharap, kegiatan aksi bergizi ini rutin dilaksanakan di tiap sekolah setiap minggunya," tukasnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: