Tips Cerdas Menghindari Pinjol Ilegal

Tips Cerdas Menghindari Pinjol Ilegal

tips menghindari pinjol ilegal --foto palembang ekspres

DISWAY JATENG.ID - Pinjol ilegal merupakan bentuk pinjaman yang harus diwaspadai karena berisiko menyebabkan kerugian finansial. Jika terlanjur terjerat pinjol ilegal, pastikan mengetahui tips menghindari pinjol ilegal. 

Pinjaman online (pinjol) telah menjadi salah satu alternatif pinjaman tunai secara cepat yang populer. Namun, perlu berhati-hati sebab ada banyak pinjol ilegal yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dan perlu ketahui tips menghindari pinjol ilegal tersebut. 

Di Indonesia, OJK merupakan lembaga yang bertugas mengawasi industri jasa keuangan. Lembaga pinjaman online yang aman digunakan harus terdaftar dan mengantongi izin dari OJK. Jika tidak terdaftar, maka bisa dipastikan bahwa itu merupakan pinjaman yang ilegal. Tips menghindari pinjol ilegal menjadi solusi tepatnya. 

Keberadaan pinjol ilegal menjadi ancaman yang bisa memberikan kerugian finansial, sehingga perlu waspada dan memilih pinjol yang terpercaya untuk menghindari masalah keuangan di masa mendatang. Kalian bisa mencari tahu tips menghindari pinjol ilegal yang bikin resah. 

BACA JUGA:7 Cara Ampuh Menghindari Pinjol Ilegal

Tips Menghindari Pinjol Ilegal

1. Perhatikan Persyaratan

Sebelum kalian mengajukan pinjaman online, baca dengan teliti semua syarat dan ketentuan yang tercantum dalam perjanjian. Pastikan kalian memahami semua biaya, suku bunga, tenor, dan informasi lain yang terkait pinjaman. Hindari pinjol yang memberikan informasi yang ambigu atau terlalu rumit.

2. Cek Daftar Pinjol di OJK

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan pinjol yang dipilih telah terdaftar dan memiliki izin dari OJK. Kalian bisa melihat daftar pinjol legal melalui situs resmi OJK.

3. Hindari Pinjol yang Memberikan Penawaran Menggiurkan

Tips menghindari pinjol ilegal berikutnya yaitu kalian perlu waspada jika menemukan pinjol yang menawarkan pinjaman dengan bunga rendah, jangka waktu panjang, dan persyaratan yang mudah. Pinjol ilegal sering menawarkan penawaran yang menggiurkan, seperti pinjaman tanpa jaminan atau bunga yang rendah. 

BACA JUGA:Tetap Waspada, Ini 8 Cara Menghindari Pinjol Ilegal yang Berkedok DC Lapangan

Risiko Menggunakan Pinjol Ilegal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: