5 Cara Terhindar Pinjol Ilegal

5 Cara Terhindar Pinjol Ilegal

cara terhindar dari jeratan pinjol ilegal --foto liputan6.com

DISWAY JATENG.ID - Cara terhindar dari jeratan pinjol ilegal sangat penting diketahui oleh pengguna agar terhindar dari berbagai risiko. Pasalnya di era digital saat ini banyak aplikasi pinjol yang tersebar di berbagai platform, khususnya yang ilegal. 

Pinjol ilegal memang sering kedapatan menawarkan jasa pinjaman dananya melalui pesan singkat SMS dan WhatsApp. Padahal hal ini merupakan aturan terlarang bagi platform fintech pendanaan, dan sudah disosialisasikan juga oleh OJK. Jika kalian sudah terlanjur terjerat ke dalamnya, perlu ketahui cara terhindar dari jeratan pinjol ilegal yang bikin resah. 

Sebelum mengajukan pinjaman online, sebaiknya cek legalitas terlebih dahulu agar tidak terjebak ke pinjol yang ilegal. Saat ini perusahaan penyedia jasa pinjol semakin menjamur sebab semakin mudahnya akses pinjaman dari penyedia jasa si calon peminjam. Karena itu, cara terhindar dari jeratan pinjol ilegal menjadi solusi tepatnya. 

Lalu, bagaimana cara terhindar dari jeratan pinjol ilegal? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

BACA JUGA:5 Cara Ampuh Menghindari Pinjol Ilegal yang Meresahkan

Cara Terhindar dari Jeratan Pinjol Ilegal 

1. Ajukan Keringanan

Jika memang melunasi pinjaman dana terlalu berat, kalian bisa mencoba untuk melakukan negosiasi dengan pihak pemberi pinjaman. Kalian bisa meminta keringanan, misalnya saja tenor yang diperpanjang, keringanan pelunasan pinjaman pokok dulu dan bunga belakangan, dan berbagai bentuk dispensasi lainnya.

2. Ambil Tindakan

Jika sudah terlanjur terjerat pinjol ilegal yang kemudian mengintimidasi kalian, bahkan ketika pinjaman juga sudah dikembalikan, maka inilah yang harus segera dilakukan:

Blokir nomor yang menghubungi kalian. Simpan semua bukti pelunasan yang sudah dilakukan, dan laporkan kepada pihak yang berwenang, seperti yang sudah dijelaskan di poin kedua di atas.

Infokan pada setiap kontak yang tersimpan dalam handphone, untuk mengabaikan setiap pesan pinjol yang ‘mampir’ ke nomor mereka. Bahkan minta kontak kalian untuk memblokir nomor yang bersangkutan.

BACA JUGA:5 Tips Menghindari Pinjol Ilegal Agar Tidak Terjebak Penipuan

3. Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: