4 Rahasia Cara Melindungi Kontak Hp dari Pinjol Ilegal

4 Rahasia Cara Melindungi Kontak Hp dari Pinjol Ilegal

cara melindungi kontak hp dari pinjol ilegal--foto ocbc nisp

DISWAY JATENG.ID - Di era di mana pinjol semakin populer sebagai solusi cepat mendapatkan dana. Namun, perlu diwaspadai juga bahwa ada banyak platform pinjol ilegal. Untuk itu, cara melindungi kontak HP dari pinjol ilegal perlu kalian ketahui.

Pinjol tidak resmi ini dikenal sangat brutal saat menagih cicilan para nasabah yang memiliki kendala bayar. Para debt collector pinjol ilegal ini tidak cuma akan mengganggu, tetapi juga kontak yang ada di ponsel kalian juga akan diteror. Karena itu perlu ketahui cara melindungi kontak HP dari pinjol ilegal.  

Para debt collector ini akan menggunakan metode menelepon setiap nomor kontak yang tercantum di ponsel pintarmu. Jadi bukan hanya kontak darurat yang akan dihubungi. Karena itu, cara melindungi kontak HP dari pinjol ilegal menjadi solusi tepat.

Lalu, bagaimana cara melindungi kontak HP dari pinjol ilegal? Berikut ada beberapa tips yang dapat membantu kalian untuk melindungi data pribadi dari penyalahgunaan oknum yang tidak bertanggung jawab.  

BACA JUGA:4 Tips Efektif Melindungi Kontak HP dari Pinjol Ilegal Agar Bebas Dari Teror

Cara Melindungi Kontak HP dari Pinjol Ilegal 

1. Pastikan Eksistensi Fintech Tersebut

Yang tidak kalah utama yaitu mempertimbangkan keberlangsungan fintech itu. Karena tidak bisa dibantah pula kemungkinan terjadinya hal yang tidak dikehendaki misalnya defisit dana atau salah kelola.

Kalian harus jeli dengan perusahaan fintech pinjol yang dipilih. Caranya yaitu dengan banyak membaca berbagai review atau ulasan yang diberikan nasabah lain. Biasanya di situs resmi fintech pun dijelaskan dengan gamblang visi,misi, dan kondisi keuangan serta kendala yang sedang dihadapi.

2. Jangan Meminjam di Pinjol Ilegal

Cara melindungi kontak HP dari pinjol ilegal berikutnya yaitu aplikasi yang digunakan untuk meminjam uang. Jangan sampai kalian meminjam uang di pinjol ilegal, kalian bisa mengeceknya di daftar pinjol OJK.

Pinjol resmi biasanya lebih menjaga kerahasiaan informasi pribadi nasabah dan menawarkan bunga lebih rendah. Sementara itu pinjol ilegal tidak segan-segan menyalahgunakan data kontak yang ditemukan di ponsel kalian.

BACA JUGA:5 Tips Melindungi Kontak HP Disadap Pinjol Ilegal, Praktis dan Efektif

3. Tidak Memberikan Akses ke Aplikasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: