8 Penyebab Hp Panas saat Dicas dan Cara Mengatasinya

8 Penyebab Hp Panas saat Dicas dan Cara Mengatasinya

hp panas saat dicas--

DISWAY JATENG.ID - Terdapat berbagai penyebab hp panas saat dicas yang perlu anda ketahui, dengan mengetahuinya sejak awal maka anda dapat mencegah hal ini terjadi pada smartphone anda.

Hp panas saat dicas bisa dikarenakan beberapa faktor misalnya penggunaan aplikasi yang intensif hingga masalah pada perangkat keras, oleh karena itu anda perlu menghindari hal tersebut terjadi.

Pasalnya setiap perangkat elektronik menghasilkan panas saat beroperasi, panas ini merupakan hasil dari konversi energi listrik menjadi energi mekanik atau panas. Hp panas saat dicas juga melibatkan konversi energi listrik, sehingga wajar jika ponsel menjadi sedikit hangat. Namun, jika panas yang dihasilkan berlebihan dan berlangsung dalam waktu yang lama, maka dapat berdampak negatif pada kinerja dan umur baterai.

Berikut ini akan kami beritahu berbagai penyebab hp panas saat dicas, yuk simak ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:13 Cara Mengatasi Hp Panas dan Penyebabnya

Penyebab Hp Panas Saat Dicas :

1. Adaptor Charger yang Tidak Sesuai

Penggunaan adaptor charger yang tidak original atau memiliki spesifikasi daya yang lebih rendah dapat menyebabkan beban kerja pada baterai meningkat.

Hal ini memaksa baterai bekerja lebih keras untuk menyerap daya, sehingga menyebabkan hp panas saat dicas.

2. Kabel USB yang Rusak atau Berkualitas Rendah

Kabel USB yang rusak atau memiliki kualitas rendah dapat menyebabkan gangguan pada aliran listrik, sehingga proses pengisian daya menjadi tidak stabil.

Gangguan ini dapat menghasilkan panas tambahan pada port pengisian daya dan baterai.

3. Baterai yang Rusak atau Menua

Baterai yang sudah rusak atau menua cenderung memiliki kapasitas penyimpanan yang menurun dan efisiensi pengisian daya yang berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: