Ketahui Penyebab, Konsekuensi, dan Cara Mengatasi Kartu Kredit Diblokir

Ketahui Penyebab, Konsekuensi, dan Cara Mengatasi Kartu Kredit Diblokir

kartu kredit terblokir--

DISWAY JATENG.ID - Ketika kartu kredit diblokir tentunya sangat mengecewakan, karena anda tidak dapat melakukan transaksi menggunakan kartu tersebut.

Namun apakah anda mengetahui apa saja alasan mengapa kartu kredit diblokir? Pasalnya terdapat banyak penyebab yang menjadikan hal tersebut terjadi.

Untuk anda pengguna kartu kredit, maka perlu mengetahui apa saja penyebab kartu kredit diblokir.

Berikut ini akan kami beritahu mengenai kartu kredit diblokir mulai dari penyebab, konsekuensi, serta cara mencegahnya dengan tepat. Yuk simak ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:4 Perbedaan Pinjol dan Kartu Kredit, Lebih Baik Mana?

Penyebab Kartu Kredit Diblokir :

1. Tagihan Menunggak

Penyebab paling umum terjadi adalah adanya tagihan yang belum terlunasi sesuai dengan jatuh tempo. Pihak bank akan memberikan peringatan terlebih dahulu sebelum melakukan pemblokiran. Jika Anda tidak segera melunasi tagihan, kartu akan dinonaktifkan untuk mencegah penumpukan utang.

2. Aktivitas yang Mencurigakan

Transaksi yang dianggap mencurigakan oleh sistem keamanan bank dapat memicu pemblokiran. Aktivitas mencurigakan ini bisa berupa transaksi dengan jumlah besar yang tidak sesuai dengan pola konsumsi Anda, transaksi di luar negeri secara tiba-tiba, atau transaksi yang dilakukan di beberapa tempat dalam waktu yang sangat singkat.

3. Pelanggaran Ketentuan Penggunaan

Setiap bank memiliki ketentuan penggunaan yang harus ditaati oleh nasabah. Pelanggaran terhadap ketentuan tersebut, seperti meminjamkan kartu kredit kepada orang lain, menggunakan kartu kredit untuk tujuan ilegal, atau mengubah data pribadi tanpa pemberitahuan, dapat mengakibatkan pemblokiran.

4. Keamanan Data Pribadi

Jika data pribadi Anda, seperti nomor PIN atau informasi kartu kredit, disalahgunakan oleh pihak ketiga, pihak bank akan memblokir kartu kredit Anda sebagai tindakan pencegahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: