Antisipasi Karhutla di Kabupaten Pemalang Melalui Trabas Kamibmas

Antisipasi Karhutla di Kabupaten Pemalang Melalui Trabas Kamibmas

TRABAS - Personel Polres, TNI, Perhutani dan lainnya saat Trabas Kamtibmas.Foto:M Ridwan/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG - Polres Pemalang menggelar Trabas Kamtibmas di Desa Gunungjaya, Kecamatan Belik. Kegiatan diikuti personel gabungan Polri, TNI, Perhutani serta ratusan bikers dari berbagai wilayah di Jawa Tengah.

Kapolres Pemalang AKBP Eko Sunaryo mengatakan, Polres Pemalang juga melakukan monitoring situasi Kamtibmas, serta mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sepanjang jalur trek.

"Untuk memantau titik api di sepanjang jalur trabas sejauh 50 kilometer, petugas terlebih dahulu melakukan pemantauan dari udara dengan menggunakan drone," kata kapolres.

BACA JUGA:Satpol PP Kabupaten Tegal Ingatkan Warga untuk Pasang Bendera Merah Putih

Dari pemantauan melalui udara, petugas menemukan 1 titik api, yang diduga pembakaran sisa hasil pertanian oleh masyarakat setempat. Setelah mengetahui lokasinya, petugas gabungan yang terdiri dari Polri, TNI dan petugas perhutani dengan sigap mendatangi titik api untuk melakukan pemadaman api.

Selain itu, petugas gabungan juga mengimbau masyarakat, agar tidak melakukan pembakaran untuk membuka lahan.

BACA JUGA:Dinas Sosial Kabupaten Tegal Serahkan Gerobak Usaha Disabilitas Intelektual

"Dengan adanya antisipasi yang telah dilakukan, harapannya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Pemalang, pada musim kemarau," jelas kapolres.

Trabas Kamtibmas Polres Pemalang adalah salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka cooling system. Untuk mewujudkan Pilkada serentak tahun 2024 yang aman dan damai. Harapannya, dapat terwujud Kabupaten Pemalang yang aman dan damai, serta masyarakat dapat melakukan aktivitas dengan nyaman dan gayeng.

BACA JUGA:Perubahan Zaman Diadaptasi dengan Kolaborasi Antara Disway dan B-Universe

Dalam penyelenggaraan kegiatan, Polres Pemalang juga membuka pasar murah dan pelayanan kesehatan yang dapat dimanfaatkan bagi masyarakat sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: