Dinas Sosial Kabupaten Tegal Serahkan Gerobak Usaha Disabilitas Intelektual

Dinas Sosial Kabupaten Tegal Serahkan Gerobak Usaha Disabilitas Intelektual

MODAL USAHA - Kabid Rehabsos Dinas Sosial Kabupaten Tegal menyerahkan gerobak usaha untuk penyandang disabilitas Foto:Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Sebuah gerobak usaha kuliner beserta bahan baku usaha diserahkan Bidang Rehabsos Dinas Sosial Kabupaten Tegal. Kepada penyandang disabilitas intelektual asal Desa Balamoa, Kecamatan Pangkah.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal Iwan Kurniawan melalui Kabid Rehabsos Makmur menyatakan, sebelumnya, pihaknya sempat mengirimkan Ezza Bahrul, warga Desa Balamoa untuk mendapatkan bekal pengembangan kuliner di Sentra Kreasi Atensi (SKA) Temanggung. 

"Selama di sana, yang  bersangkutan dilatih pemberdayaan agar bisa mandiri dalam mengurus dirinya dan ekonominya," ujarnya.

BACA JUGA:Disporapar Kabupaten Tegal Beri Pembekalan Top 100 Besar Wirausaha Pemuda

Selama di sana, Ezza mendapatkan  pembinaan selama 6 bulan lebih sesuai dengan perminatan dan dikembangkan potensi yang ada pada dirinya sebelum akhirnya dikembalikan ke pihak keluarga. Yang bersangkutan kebetulan minat di bidang wirausaha kuliner. 

"Usai pelatihan, yang bersangkutan mendapatkan modal usaha dan gerobak untuk mendukung usaha di bidang kuliner ," cetusnya. 

BACA JUGA:Perubahan Zaman Diadaptasi dengan Kolaborasi Antara Disway dan B-Universe

Dengan bantuan modal usaha  dan gerobak ini, setidaknya mimpi Ezza  penyandang disabilitas intelektual  untuk menekuni bisnis kuliner  bisa terwujud. 

Penyerahan bantuan dalam bentuk pemberdayaan adalah program Kemensos saat ini. 

BACA JUGA:Kwarcab Kabupaten Tegal Adakan Pelatihan Gladian Pimpinan Regu Penggalang

"Bantuan pemberdayaan bertujuan untuk melepaskan penerima manfaat dari ketergantungan pada bantuan sosial sekaligus meningkatkan kemandirian," ungkapnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: