Masyarakat Diminta Ikut Mengawasi Hasil Pembangunan Jalan di Kabupaten Pemalang

Masyarakat Diminta Ikut Mengawasi Hasil Pembangunan Jalan di Kabupaten Pemalang

MENJELASKAN - Kepala DPU-TR Kabupaten Pemalang Joko Triasmoro menjelaskan soal jalan agar kondisinya tetap terjaga dengan baik.Foto:Agus Pratikno/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG - Untuk menjaga kondisi jalan agar tetap baik dan mulus, masyarakat dihimbau sekaligus diminta untuk ikut mengawasi hasil pembangunan jalan tersebut. Khususnya ikut mengawasi kendaraan-kendaraan yang bermuatan berat yang melintasi jalan itu. 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU-TR) Joko Triasmoro usai mengikuti rapat paripurna DPRD di gedung dewan. 

Joko Triasmoro mengatakan, banyaknya jalan yang rusak khususnya jalan-jalan kabupaten di desa-desa itu disebabkan minimnya pengawasan terhadap hasil pembangunan. Utamanya pengawasan dan kontrol dari masyarakat guna menjaga  jalan  agar tetap dalam kondisi baik. 

BACA JUGA:Pelatihan Astra Basic Manajemen Program dan Komputer

Menurutnya, penyebab kerusakan jalan itu, karena jalan itu dilalui kendaraan bermuatan berat. Seperti kendaraan pengangkut material yang melebihi batas. Diantaranya mobilisi angkutan pengangkut material pengurukan ataupun yang lainya. Selain itu, armada angkutan pembangunan alat berat berupa combat alat pemotong padi. Sehingga jalan yang semula bagus selesai dibangun menjadi cepat rusak lagi. 

"Oleh karena itu, untuk menjaga kondisi jalan agar tetap baik, warga masyarakat harus mengontrol dan mengawasi. Karena jika tidak, jalan yang sudah baik selesai dibangun, akan rusak lagi, karena angkutan bermuatan berat bebas melewati jalan itu,"katanya.

BACA JUGA:Pelatihan Destana untuk Warga Prupuk Utara Kabupaten Tegal

Dia menjelaskan bahwa tugas pengawasan jalan tidak hanya dilakukan oleh dinas terkait, tapi peran serta masyarakat juga sangat diperlukan. Sehingga hasil pembangunan yang ada, akan tetap terjaga dengan baik. Seperti pembangunan jalan-jalan kabupaten yang ada di desa-desa, maka masyarakat yang ada di desa harus bersama - sama ikut mengawasinya.

"Jadi tugas pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat, sebagai kearifan lokal yang ada di desa. Untuk itu, mari kita jaga bersama-sama hasil pembangunan jalan, agar konidisnya tetap terjaga dengan baik. Harapannya, agar jalan itu tidak cepat rusak,"tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: