Penting Ketahui, Ini 7 Tips Agar Terhindar dari Pinjol Ilegal yang Bikin Resah

Penting Ketahui, Ini 7 Tips Agar Terhindar dari Pinjol Ilegal yang Bikin Resah

tips terhindar dari pinjol ilegal --foto trenasia

Jangan pula sembarangan klik Allow pada web browser saat membuka berbagai situs web. Sebab, jika melakukannya, ada pihak tidak bertanggung jawab yang bisa mengakses berbagai data pada perangkat kalian.

4. Memperhatikan Sistem Pembayaran

Sistem pembayaran dari pinjol pasti menggunakan aplikasi atau website milik mereka. Mulai dari mengisi form data sampai dengan pembayaran sudah terintegrasi ke dalam satu aplikasi atau website.

Pembayaran yang dilakukan sudah langsung tersambung ke nomor rekening resmi dari perusahaan penyedia jasa tersebut. Sehingga jangan pernah melakukan pembayaran apa pun ke nomor rekening yang tidak terintegrasi ke dalamnya. 

BACA JUGA:5 Tips Menghindari Pinjol Ilegal Agar Tidak Terjebak Penipuan

5. Pastikan Memiliki Layanan Customer Service

Perusahaan pinjol legal sudah pasti menyediakan layanan customer service yang bisa kalian akses dengan mudah. Layanan ini bisa melalui nomor telepon, email hingga mengunjungi kantor pinjol.

Layanan customer service juga harus mudah untuk diakses selama 24 jam. Sebab, berbagai permasalahan dan pertanyaan bisa sewaktu-waktu kalian lontarkan tanpa melihat waktunya.

6. Memiliki Aplikasi dan Situs Web Resmi

Salah satu acuan perusahaan pinjol yang sudah mendapatkan izin OJK yaitu memiliki aplikasi dan situs website resmi. Aplikasi tersebut bisa dengan mudah kalian temukan di Google Play Store dan App Store. Sementara situs web langsung muncul di peringkat atas ketika kalian mengetikkan kata kunci perusahaan tersebut.

Situs web memiliki fungsi sebagai media penawaran untuk produk layanan serta memberikan informasi lengkap berkaitan dengan pinjol tersebut. Informasi tersebut sudah semestinya transparan termasuk berapa biaya bunga dan denda keterlambatan. Jika kalian tidak mendapati informasi tersebut jangan mudah percaya.

7. Memperhatikan Biaya Administrasi dan Suku Bunga

Tips terhindar dari pinjol ilegal yang ini yaitu memperhatikan biaya administrasi dan suku bunga. Perusahaan pinjol legal yang sudah terdaftar dalam OJK selalu memberikan informasi mengenai rincian biaya dan suku bunga. Informasi ini terbuka secara transparan untuk semua calon nasabah yang hendak mengajukan pinjaman.

BACA JUGA:Tetap Waspada, Ini 8 Cara Menghindari Pinjol Ilegal yang Berkedok DC Lapangan

Bahkan beberapa di antaranya menyediakan fitur simulasi yang bisa kalian manfaatkan untuk menghitung besaran cicilan. Sehingga mengetahui secara pasti jumlah cicilan yang harus dibayar tiap bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: