Sekda Kota Tegal Imbau OPD Dukung Implementasi ILP di Kota Tegal

Sekda Kota Tegal  Imbau OPD Dukung Implementasi ILP di Kota Tegal

PUKUL GONG - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal Agus Dwi Sulistyantono didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tegal Zaenal Abidin pukul gong.Foto:Meiwan Dani R/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal Agus Dwi Sulistyantono mengimbau kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mendukung pelaksanakan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP) di Kota Tegal. Hal itu disampaikan saat membuka kick off Pmpelaksanaan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer yang digelar  Dinas Kesehatan Kota Tegal.

“Saya mengimbau kepada seluruh OPD,  semua yang terlibat mulai dari dinas terkait, mulai dari Kecamatan, kelurahan, PKK dan sebagainya. Untuk memberikan dukungan dalam pelaksanaan integrasi layanan primer di Kota Tegal,” ujar Agus Dwi Sulistyantono.

Agus Dwi menyampaikan bahwa kebijakan Pemerintah Republik Indonesia terkait dengan kesehatan sudah dilaksanakan dan memasuki berbagai tahap eksekusi.

BACA JUGA:Dinas Sosial Kabupaten Tegal Rakor Perlindungan Pemeliharaan Anak Terlantar

Ada enam transformasi kesehatan yang salah satunya adalah transformasi layanan primer. Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer merupakan upaya untuk menata dan mengoordinasikan bebagai pelayanan kesehatan primer dengan fokus pada pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan berdasarkan siklus hidup bagi perseorangan, keluarga dan masyarakat.

"Kick off ini dapat menyelaraskan antara program pembangunan kesehatan di Kota Tegal dengan visi misi pembangunan kesehatan di Indonesia. Tentu Kota Tegal dengan delapan puskesmas, 19 puskesmas pembantu, 208 posyandu, 45 posbindu, 192 posyandu lansia dan 1.800 lebih kader kesehatan. Akan mampu bahu membahu dalam mewujudkan integrasi layanan primer,” ujar Agus.

BACA JUGA:Catat! Ratusan Pedagang Pasar Trayeman Kabupaten Tegal akan Ditertibkan

Selain itu, untuk mempersiapkan implementasi Integrasi Layanan Primer, Agus Dwi S menyampaikan akan ada banyak kegiatan yang dilakukan, seperti kesiapan sumber daya manusia, sarana prasarana serta kebijakan integrasi layanan primer yang akan dilaksanakan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tegal Zaenal Abidin dalam laporannya menyampaikan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk pemantapan pelaksanakan integrasi pelayanan kesehatan primer di Kota Tegal serta mensosialisasikan pelaksanaan integrasi pelayanan kesehatan primer kepada institusi dan masyarakat.

BACA JUGA:Wilayah Selatan Kabupaten Pemalang Mulai Kekurangan Air

Disebutkan Kadinkes, peserta yang mengikuti kick off Integrasi layanan Primer di Kota Tegal tahun 2024 sebanyak 95 orang yang terdiri dari OPD terkait, camat se-Kota Tegal, lurah se-Kota Tegal, Puskesmas se-Kota Tegal, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal serta kader-kader kesehatan.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan pemaparan materi dan diskusi. Materi pertama disampaikan oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yuni Rahayuningtyas sedangkan materi kedua disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Tegal Agus Dwi Sulistyantono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: