Bagaimana Tips Agar Pinjol Tidak Sebar Data Pribadi? Lakukan 10 Strategi Ini Dijamin Aman

Bagaimana Tips Agar Pinjol Tidak Sebar Data Pribadi? Lakukan 10 Strategi Ini Dijamin Aman

tips agar pinjol tidak sebar data pribadi --foto blog justika

Dengan pemberian izin tersebut pihak pinjol bisa mengakses galeri terutama isi galeri yang dihasilkan dari kamera HP. Jadi, kalian harus membersihkan isi galeri dari foto-foto yang berpotensi akan disebarkan oleh pinjol. Biasanya foto yang akan disebarkan yaitu foto selfie atau foto lain yang menampilkan wajah kalian. 

9. Izin Privasi Whatsapp 

Ada beberapa pinjol yang mengancam akan menyebarkan data pribadi ke grup Whatsapp yang dibuatnya sendiri. Namun, di grup tersebut akan berisi kalian sendiri, beberapa kontak yang dimiliki, dan beberapa kontak dari pihak pinjol. 

Jadi sebelum hal itu terjadi, kalian bisa mematikan semua izin privasi yang ada di Whatsapp. Tujuannya agar nomor tidak dikenal dari pinjol tidak bisa membuat atau memasukkan kalian ke grup yang mereka buat. 

BACA JUGA:Jangan Panik, Begini Cara Efektif agar DC Pinjol Ilegal Tidak Sebar Data

10. Laporkan Pinjol Ilegal ke OJK 

Selain ke POLRI, kalian juga bisa membuat pengaduan ke OJK. Caranya cukup mudah. Kalian bisa menghubungi OJK lewat WhatsApp di 081-157-157-157 atau kontak resmi OJK di nomor 157. 

Tidak hanya itu, kamu bisa mengirimkan e-mail ke Satgas Waspada Investasi dengan alamat surel [email protected]. Jika terbukti melakukan tindak kejahatan, aplikasi pinjol akan segera diblokir oleh OJK. Melalui Satgas Waspada Investasi, OJK telah berhasil memblokir 3.5616 entitas pinjol ilegal.

Demikian beberapa informasi mengenai tips agar pinjol tidak sebar data pribadi yang perlu kalian ketahui dan terapkan. Semoga bermanfaat. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: