Ternyata Ini Dia 7 Alasan Pengajuan Pinjaman Dana Ditolak, Yuk Intip

Ternyata Ini Dia 7 Alasan Pengajuan Pinjaman Dana Ditolak, Yuk Intip

alasan pengajuan pinjaman dana ditolak --foto moxa

BI checking bisa menjadi penentu pengajuan kalian akan disetujui atau tidak. Apabila DBR (Debt Burden Ratio) ada di tingkat yang tinggi pada riwayat kredit nasabah, pihak fintech pendanaan akan meragukan pertanggungjawaban kalian dalam pelunasan pinjaman.

Karena itulah, sebaiknya kalian pastikan kredit sebelumnya selesai. Segera lunasi terlebih dahulu jumlah pinjaman sebelumnya.

4. Nomor Tidak Bisa Dihubungi

Jangan heran alasan pengajuan pinjaman dana ditolak jika nomor telepon yang dicantumkan sudah tidak aktif atau bukan nomor yang kalian gunakan saat ini. Pihak platform fintech akan mengecek keaslian nomor dengan melakukan panggilan sebelum menyetujui pinjaman dana nasabah.

Karena itu, setelah mengajukan pinjaman pastikan nomor kalian aktif dan siap dihubungi untuk tahap verifikasi. Pihak platform akan melakukan panggilan untuk konfirmasi kesesuaian data pemohon. Berikan juga nomor darurat sebagai pilihan lain agar pengajuan berpotensi diterima.

BACA JUGA:Alasan Pengajuan Kredivo Ditolak Terus, Kenali Cara Tepat untuk Mengatasinya

5. Berkas Persyaratan Tidak Lengkap atau Tidak Jelas

Terkadang, beberapa nasabah meremehkan persyaratan pengajuan dana karena terkesan terlalu mudah dan sederhana. Padahal, kelengkapan dan detail dari berkas dan data persyaratan yang diminta sangatlah penting.

Penyedia jasa pinjaman fintech pendanaan butuh informasi nasabah dengan rinci sebagai upaya pengelolaan risiko. Karenanya, pihak calon peminjam dana sangat perlu mengikuti alur pengajuan dana dengan teliti dan akurat.

6. Nama Pemilik Rekening dan Peminjam Tidak Sama

Adanya perbedaan nama rekening dan peminjam juga kadang dianggap berisiko yang besar bagi fintech atau penyedia layanan pinjaman. Pasalnya, tak jarang terjadi trik penipuan yang menggunakan modus pemalsuan data.

Kasus ini sering kali terjadi pada pasangan suami istri, misalnya, pinjaman dana dilakukan atas nama suami, tetapi rekening yang tercantum atas istri. Untuk mengurangi kerugian kedua belah pihak, berikan data diri dengan akurat berdasarkan identitas sendiri.

BACA JUGA:Penyebab Pengajuan Pinjol Ditolak dan Solusinya

7. Jumlah Pinjaman Melebihi Limit

Jumlah pinjaman dana yang melebihi limit berpotensi ditolak oleh platform fintech pendanaan. Berbeda dengan pinjaman melalui bank atau lembaga lain, pinjol melalui fintech pendanaan memberlakukan limit yang lebih rendah. Penentuan limit disesuaikan dengan kapasitas keuangan calon peminjam dana yang dilihat dari slip gaji, bukti penghasilan, maupun riwayat kredit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: