Ketahui 6 Jenis Pinjaman Modal Usaha Pasti Cair, Tanpa Jaminan untuk Pelaku UMKM

Ketahui 6 Jenis Pinjaman Modal Usaha Pasti Cair, Tanpa Jaminan untuk Pelaku UMKM

jenis pinjaman modal usaha --foto koperasi digital

Metode yang satu ini mungkin merupakan cara yang paling umum digunakan. Jika kalian memiliki total tabungan yang cukup besar dan tidak digunakan sebagai dana darurat, maka kalian bisa menggunakannya sebagai modal usaha. Yang perlu diingat yaitu kalian harus bisa menggunakannya secara bijak. 

4. Modal Dari Koperasi

Anda juga dapat mengajukan pinjaman untuk modal usaha melalui Koperasi Simpan Pinjam. Mengingat asas Koperasi adalah kekeluargaan, Anda harus menjadi anggota Koperasi Simpan Pinjam tersebut jika Anda ingin mengajukan pinjaman. Keunggulan yang ada pada sistem Koperasi Simpan Pinjam ini adalah terdapat pembagian Sisa Hasil Usaha. Setiap terdapat sisa dana akan dibagi secara merata kepada anggotanya.

Umumnya, syarat pengajuan pinjaman di Koperasi Simpan Pinjam adalah fotokopi KTP, Kartu Keluarga, slip gaji, formular pengajuan pinjaman dana, fotokopi PBB atau rekening listrik.

5. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Jenis pinjaman modal ini diperuntukkan kepada pemilik UMKM. Sebagai persyaratannya yaitu memiliki usaha yang telah berjalan selama minimal 6 bulan (persyaratan bisa berbeda setiap pemberi pinjaman). Kalian bisa mengajukannya di beberapa bank pemerintah yang telah memiliki kerja sama. Umumnya kredit yang ditawarkan tergolong rendah mulai dari 10% hingga 15% per tahun.

Syarat pengajuan KUR perorangan seperti, persyaratan administrasi seperti KTP, KK, dan surat izin usaha. Kemudian, calon debitur telah menjalankan usahanya selama minimal 6 bulan dan tidak sedang menerima kredit produktif dari Perbankan dan/atau kredit program dari pemerintah.

BACA JUGA:Ingin Bebas Riba? Inilah Syarat dan Cara Pengajuan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Riba, Terapkan Motode Halal

6. Menggadaikan Asset

Pilihlah perusahaan gadai yang legal dan memiliki track record yang baik. Jangan sampai asset kalian hilang tanpa sebab yang jelas setelah kalian menggadaikannya. Kalian bisa menggadaikan asset seperti BPKB Kendaraan, barang elektronik, emas batangan, emas perhiasaan, dan lain-lain.

Jika kalian menggadaikan kendaraaan, maka persyaratan pengajuannya yaitu fotokopi KTP atau identitas lainnya, menyerahkan barang jaminan, BPKB dan STNK asli, serta menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK). Selain itu, kondisi fisik kendaraan umumnya berusia 5 tahun terakhir dari pengajuan untuk motor dan 10 tahun terakhir dari pengajuan untuk mobil. Calon debitur akan mendapatkan besaran pinjaman berdasar kondisi fisik kendaraan yang diajukan.

Itulah beberapa informasi seputar jenis-jenis pinjaman modal usaha yang jadi pertimbangan buat kalian ajukan saat membutuhkan dana besar untuk bisnisnya. Semoga bermanfaat. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: