6 Malware Android yang Harus Diwaspadai!

6 Malware Android yang Harus Diwaspadai!

6 Malware Android yang Harus Diwaspadai di tahun 2024--

DISWAY JATENG - Seiring kemajuan teknologi, penggunaan smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Dengan meningkatnya ketergantungan pada smartphone untuk berbagai aktivitas, risiko serangan malware pada perangkat Android juga meningkat secara signifikan.

Pada tahun 2024, sangat penting bagi pengguna Android untuk menyadari potensi ancaman yang ditimbulkan oleh malware dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk melindungi perangkat dan informasi pribadi mereka. Pada artikel kali ini, kita akan membahas enam jenis malware yang perlu diwaspadai oleh pengguna Android di tahun 2024.

BACA JUGA: 7 File yang Harus Dihapus di Ponsel untuk Mencegah Kinerja yang Lambat

1. Trojan Perbankan

Trojan Perbankan adalah jenis malware yang secara khusus menargetkan informasi keuangan dan transaksi yang dilakukan melalui aplikasi mobile banking. Program jahat ini dirancang untuk mencuri informasi sensitif seperti kredensial masuk, detail kartu kredit, dan data keuangan lainnya.

Setelah diinstal pada perangkat, Trojan perbankan dapat mencegat dan memanipulasi transaksi perbankan pengguna, yang mengarah ke transfer tidak sah dan aktivitas penipuan. Pada tahun 2024, pengguna Android harus tetap waspada dan hanya mengunduh aplikasi perbankan dari sumber tepercaya untuk mengurangi risiko menjadi korban Trojan perbankan.

2. Ransomware

Ransomware adalah bentuk malware yang mengenkripsi file di perangkat dan meminta uang tebusan dari pengguna sebagai ganti kunci dekripsi. Dalam beberapa tahun terakhir, serangan ransomware pada perangkat Android terus meningkat, menimbulkan ancaman signifikan terhadap data pribadi dan privasi pengguna.

Pada tahun 2024, pengguna Android harus secara teratur mencadangkan data mereka ke sumber eksternal dan menahan diri untuk tidak mengklik tautan yang mencurigakan atau mengunduh lampiran dari sumber yang tidak dikenal untuk menghindari serangan ransomware.

BACA JUGA:Berbagi File Mudah dengan Fitur Quick Share di Ponsel Android

3. Spyware

Spyware adalah jenis malware yang secara diam-diam menyusup ke perangkat dan memantau aktivitas pengguna tanpa sepengetahuan mereka. Perangkat lunak berbahaya ini dapat melacak penekanan tombol pengguna, mengambil tangkapan layar, dan mengakses informasi pribadi seperti kata sandi, email, dan pesan teks.

Pada tahun 2024, pengguna Android harus berhati-hati saat memasang aplikasi pihak ketiga dan secara teratur meninjau izin yang diberikan untuk aplikasi yang diinstal untuk mencegah spyware membahayakan privasi mereka.

4. Adware

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: