Penting Ketahui, Begini 7 Tips Jitu Mengamankan WhatsApp agar Tidak Disadap Pinjol

Penting Ketahui, Begini 7 Tips Jitu Mengamankan WhatsApp agar Tidak Disadap Pinjol

tips mengamankan whatsapp agar tidak disadap--foto suara merdeka wongapak

DISWAY JATENG - Tips mengamankan WhatsApp agar tidak disadap pinjol sangat menarik untuk diketahui. Sampai sekarang ini, permasalahan pinjol alias pinjaman online masih belum selesai terlebih sering dihubungi perusahaan tersebut.  

WhatsApp (WA) merupakan aplikasi yang memfasilitasi komunikasi antar manusia di era modern, baik terkait bisnis maupun pribadi. Dengan aplikasi tersebut, artinya data dan pesan privasi menjadi lebih terdigitalisasi. Karena itu, perlu ketahui tips mengamankan WhatsApp agar tidak disadap pinjol. 

Karenanya, penting untuk menjaga keamanan data pribadi dan menghindari WhatsApp disadap. Namun, tidak perlu terlalu risau, terdapat beberapa tips mengamankan WhatsApp agar tidak disadap pinjol yang perlu diketahui. 

Lalu, apa saja tips mengamankan WhatsApp agar tidak disadap pinjol? Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber yang bisa kalian coba dan lakukan untuk melindungi data diri kalian dari penyebaran dan penyalahgunaan data yang tidak bertanggung jawab. 

BACA JUGA:Tak Perlu Blokir Nomor, Begini 7 Tips Balas WhatsApp DC Pinjol agar Kapok Neror

 

1. Ubah Password Kalian

Jika kalian mendapati kegiatan mencurigakan di WhatsApp kalian, sebaiknya segera ubah kata sandi ponsel atau komputer kalian. Hal ini bisa membantu menghindari WhatsApp disadap.

Mengubah kata sandi juga disarankan jika kalian pernah meninggalkan perangkat tanpa pengawasan atau membuka kuncinya menggunakan kata sandi di hadapan orang lain, termasuk seseorang yang kalian percayai sekalipun.

2. Install VPN saat Menggunakan Wi-Fi Publik

Tips mengamankan WhatsApp agar tidak disadap pinjol berikutnya yaitu menggunakan VPN (Virtual Private Network). Jika kalian menggunakan jaringan internet yang bersifat privat seperti VPN, kemungkinan penyadapan akan lebih kecil.

Penggunaan VPN bisa membantu kalian menghindari WA disadap. VPN dapat mencegah peretas memata-matai kalian sebab aktivitas internet kalian tidak akan bisa dipantau.

3. Gunakan Perangkat Lunak Antivirus untuk Menghapus Malware dari Ponsel 

Tips mengamankan WhatsApp agar tidak disadap pinjol selanjutnya yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga yakni aplikasi antivirus. Perangkat lunak antivirus bisa membantu kalian mendeteksi dan menghapus malware atau virus yang masuk ke ponsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: