6 Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data, Efektif dan Bebas Ancaman

6 Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data, Efektif dan Bebas Ancaman

Cara agar pinjol tidak sebar data--

DISWAY JATENG - Dibalik kemudahan dari layanan pinjol ada salah satu risiko merugikan salah satunya penyalahgunaan data. Untuk menghindari praktik ilegal tersebut, pengguna perlu tahu cara agar pinjol tidak sebar data.

Ancaman penyebaran data bisa saja dilakukan jika nasabah nekat galbay atau tidak lunasi utang. Namun, dengan mengetahui cara agar pinjol tidak sebar data pribadi Anda bisa terbebas dari risiko merugikan tersebut.

Cara agar pinjol tidak sebar data bisa Anda lakukan dengan mudah. Beberapa tips ini efektif untuk mencegah pencurian data, penyalahgunaan data, dan lainnya.

BACA JUGA:5 Cara Mudah Menghentikan Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi yang Paling Efektif

Data pribadi debitur bisa saja dicuri melalui sadap ponsel. Berikut cara agar pinjol tidak sebar data dari video TikTok Medy Brawny dengan tips di bawah ini.

Cara agar pinjol tidak sebar data terbaru 2024

1. Bayar Pinjaman Tepat Waktu

Ancaman penyebaran data seringkali dilakukan oleh pihak pinjol jika nasabah galbay atau telat bayar. Karena itu, cara agar pinjol tidak sebar data yakni membayar pinjaman tepat waktu.

Tips sebelum melakukan pinjaman, sebaiknya debitur mengetahui mekanisme kerja aplikasi pinjol tersebut dan konsekuensi jika galbay. Namun, jika sudah terlanjur menggunakan pinjol sebaiknya lunasi utang dan hapus data beserta aplikasinya.

BACA JUGA:4 Trik Mengamankan Data Pribadi dari Penyadapan Pinjol

2. Buat Kesepakatan dengan Pinjol

Supaya terhindar dari penyebaran data, Anda bisa membuat kesepakatan dengan pihak pinjol. Apabila sudah membuat kesepakatan mengenai data pribadi maka segera buat surat pernjanjian supaya tidak menimbulkan masalah.

3. Tolak Akses Perizinan Kontak

Cara agar pinjol tidak sebar data berikutnya, yakni menolak akses perizinan aplikasi. Penting diketahui bahwa sistem pinjol bisa mengakses data Anda hanya melalui ponsel saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: