Disperintransnaker Kabupaten Tegal Tingkatkan Keterampilan Warga Pedesaan

Disperintransnaker Kabupaten Tegal Tingkatkan Keterampilan Warga  Pedesaan

BUKA - Sekretaris Dinas Perintansnaker menyerahkan bahan danalat pelatihan menjahit kepada warga Desa Kdungwungu, Kecamatan Jatinegara.Foto:Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Upaya untuk mendongkrak keterampilan warga pedeaan dilakukan Dinas Perintrasnaker Kabupaten Tegal melalui pelatihan berdasarkan unit kompetensi.

 Kepala Dinas Perintransnaker Kabupaten Tegal Riesky  Trisbiyantoro melalui Sekretaris Dinas Sutoyo mengatakan, kali ini pihaknya berkesempatan membuka pelatihan  menjahit di Desa Kedugwungu, Kecamatan Jatinegara. Pelatihan berdasarkan unit kompetensi ini digelar berdasarkan usulan pemerintah desa melalui Musyawarah Pembangunan (Musrebang) tingkat kecamatan. 

"Kegiatan ini menghampiri hampir seluruh desa yang ada di Kabupaten Tegal," ujarnya, Jumat (12/7/2024).

BACA JUGA:Dinas Porapar Kabupaten Tegal Beri Penguatan Kewiraan

Dalam kegiatanini ini, pemerintah desa punya kewajiban untuk melakukan seleksi peserta. Kegiatan anggarannya berasal dari pemerintah desa yang dititipkan kepada Dinas Perintrannaker. Untuk batasan usia bagi warga desa yang bisa ikut pelatihan ini maksimal 50 tahun atau usia produktif. 

"Pemerintah desa yang mengusulkan jenis pelatihan apa yang diinginkan atau diminati warganya," cetusnya. 

Tahun ini,  pelatihan berdasarkan unit kompetensi yang digulirkan meliputi menjahit, las, motir motor dan mobil, mebeler serta komputer.

BACA JUGA:2 Partai Pemenang Pemilu Sepakat Bergabung, Kenapa?

Dalam pelaksanaannya,  pihaknya menggandeng LPK swasta dan dunia usaha dengan instruktur yang sudah berkompetensi di bidangnya. 

"Kuota peserta pelatihan untuk masing-masing desa adalah 20 orang dan setelah mengikuti pelatihan, peserta berhak mendapatkan sertifikat," tegasnya.

Dalam program ini, warga desa yang diikutkan dalam pelatihan akan mendapatkan bahan dan alat pelatihan dari Dinas Perintransnaker. Diharapkan program ini masih bisa berlanjuit di tahun 2025 mendatang.

Orang besar adalah orang yang mau berkerja keras tidak mudah menyerah, selalu berusaha tahap demi tahap dan perbanyak koneksi jika ingin usahanya maju. 

BACA JUGA:Raih Medali Emas dan Perunggu Tarung Derajat Tingkat Provinsi Jawa Tengah

"Serta tidak lupa dengan mengembangkan inovasi terbaru," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: