Tingkatkan Pengetahuan SDM Pengurus Koperasi di Kabupaten Tegal

Tingkatkan Pengetahuan SDM Pengurus Koperasi di Kabupaten Tegal

DUKUNGAN - Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan memberi dukungan peningkatan SDM pengurus koperasi.Foto:Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI -   Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Koperasi UKMK dan Perdagangan. Berupaya meningkatkan pengetahuan SDM pengurus Koperasi yang bergerak di sektor usaha dan perdagangan.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Tegal Imam Rudy Kurniawan menyatakan bahwa upaya dilakukan dengan membekali  SDM pengurus koperasi melalui pelatihan jaringan kerja sama usaha yang sempat dilakukannya. 

BACA JUGA:Dinas Perkim Kabupaten Tegal Warning 9 Pengembang Perumahan

Setidaknya, melalui kegiatan ini dapat memperkuat peran koperasi dalam mendukung upaya perluasan kesempatan kerja dan peningkatan pendapatan. 

"Sekaligus bisa menambah usaha koperasi selain simpan pinjam," ujarnya. 

Menurutnya, jaringan  usaha koperasi merupakan kerja sama bisnis dari paling sedikit 3 koperasi atau usaha untuk meraih peluang bisnis secara lebih kompetitif. Jaringan usaha koperasi merupakan kerja sama usaha, akses dan hubungan dengan pihak  ketiga. 

BACA JUGA:Dinas Kesehatan dan 29 Kepala Puskesmas se-Kabupaten Tegal Kaji Banding ILP di Kendal

"Yang diperlukan oleh perushaan  untuk menjalankan usahanya secara efektif dan efisien," cetusnya. 

Diharapkan, dari sini dapat dicapai produktivitas dan daya saing yang tinggi, yang pada akhirnya perusahaan dapat mencapai profit dan perkembangan usaha  yang diharapkan. Kerja sama antarkoperasi harus berkembang secara wajar sesuai dengan kebutuhan atas pertimbangan praktis, ekonomis dan efesiensi. 

BACA JUGA:Personel Satpol PP Gembleng Relawan Damkar se-Kabupaten Tegal

Hal ini dapat dilakukan dengan pendekatan berdasarkan peranan koperasi secara individual dalam upaya melayani anggota dan masyarakat di sekitarnya dengan baik. Dengan demikian, kerja sama antarkoperasi harus dijabarkan secara operasional melalui pembangunan koperasi secara bertahap. 

Mulai dari tingkat primer melalui cara-cara yang dapat memperkuat kedudukan dan peranannya untuk melayani. Rudy menambahkan, memperluas daerah kerja untuk memperbesar volume usaha dimaksudkan untuk memperkokoh kedudukan koperasi tingkat primer. 

“Oleh sebab itu, perkembangan koperasi tidak dilihat dari banyaknya organisasi koperasi. Tetapi lebih pada besarnya jumlah anggota yang berpotensi di setiap koperasi,”. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: