Bagaimana Cara Melunasi Hutang Riba dengan Halal? Lakukan 5 Langkah Ini Dijamin Berhasil

Bagaimana Cara Melunasi Hutang Riba dengan Halal? Lakukan 5 Langkah Ini Dijamin Berhasil

cara melunasi hutang riba dengan halal--foto ajaib

DISWAY JATENG - Jika sudah terlanjur memiliki hutang riba, maka segera lunasi hutang tersebut secepat mungkin. Namun, terdapat beberapa cara melunasi hutang riba dengan halal yang dapat dilakukan agar bebas dari hutang riba.

Cara melunasi hutang riba wajib diketahui oleh setiap umat Islam agar terbebas dari riba yang diharamkan oleh Allah. Apalagi hutang riba merupakan hutang dengan bunga yang terus bertambah setiap harinya dan nominal yang harus dilunasi juga akan turut bertambah.

Semakin banyak masyarakat Indonesia yang tertarik dengan pinjaman syariah, cara melunasi hutang riba menjadi solusi sebagai alternatif untuk membersihkan diri dari belenggu riba dan kembali ke jalur yang benar. 

Pinjaman syariah ini menawarkan jalan keluar sesuai dengan prinsip-prinsip berbasis syariah yang menjadikannya opsi menarik bagi kalian yang mencari cara melunasi hutang riba tanpa harus menyerahkan jaminan. 

BACA JUGA:Cara Cepat Melunasi Hutang Riba dengan Mudah dan Efektif, Hati Jadi Tenang!

BACA JUGA:Punya Hutang Menumpuk? Lakukan 5 Cara Melunasi Hutang Efektif Ini Sebelum Ditagih DC Lapangan

Dikutip dari buku Dosa Riba Notaris, Daeng Naja, (2019:119), dalam Islam hutang riba terbagi menjadi dua. Pertama yaitu riba qardh dimana suatu manfaat atau tingkat kelebihan tertentu yang disyaratkan kepada orang yang berhutang.

Lalu, ada riba jahiliyyah yaitu hutang yang dibayar lebih dari pokoknya karena si peminjam tidak mampu membayar sesuai waktu yang ditetapkan. Apa pun jenis hutang riba yang dimiliki, maka wajib hukumnya untuk segera melunasi hutang tersebut dan menjauhi riba.

 

Berikut adalah beberapa cara melunasi hutang dengan halal agar bebas dari hutang riba yang dapat kalian coba dan lakukan, sebagai berikut: 

1. Buat Skala Prioritas dalam Melunasi Hutang

Cara melunasi hutang riba yaitu dengan membuat skala prioritas dalam melunasi hutang tersebut. Hal ini penting dilakukan apabila memiliki jumlah hutang yang besar dan di beberapa tempat. Buat skala prioritas mana hutang yang akan dibayarkan terlebih dahulu.

BACA JUGA:Cara Ampuh Melunasi Hutang Pinjol Terbaru 2024, Ikuti 6 Langkah Cerdas Ini Supaya Segera Terlunasi

2. Jual Aset yang Dimiliki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: