Cara Cepat Melunasi Hutang Riba dengan Mudah dan Efektif, Hati Jadi Tenang!

Cara Cepat Melunasi Hutang Riba dengan Mudah dan Efektif, Hati Jadi Tenang!

cara melunasi hutang riba--foto youtobe

DISWAY JATENG - Membayar hutang adalah sebuah kewajiban yang wajib dilaksanakan sesegera mungkin, menunda pembayaran tentunya akan menambah kewajiban baru.

Apalagi jika kalian mempunyai hutang riba dengan bunga yang bertambah setiap hari. Jelas di dalam surat al baqarah 275 “…dan Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba

Berbeda dengan Riba, riba adalah tambahan yang diterima pemberi pinjaman sebagai imbalan dari peminjam utang. Contohnya, Si A berhutang kepada si B sejumlah 1juta, Si B memberikan utang kepada si A dengan syarat boleh dikembalikan 5 bulan lagi asalkan bertambah menjadi 1.5 juta, Hal seperti ini adalah riba.

BMT UMY merupakan lembaga keuangan syariah akan membagikan cara cepat melunasi hutang riba, di dalam islam istilah hutang adalah perkara yang lumrah, hutang karena jual beli tentunya berbeda dengan hutang riba, kita harus bisa membedakan hal tersebut.

Inilah Beberapa Cara Cepat Melunasi Hutang Riba :

1. Lebih giat bekerja

BACA JUGA:Kenali Layanan Kredit HP Syariah Tanpa Riba dengan Syarat Mudah, Solusi Tepat Memiliki HP Baru

Bekerja dengan niat memperhatikan nafkah keluarga, maka Allah memberikan ganti dan memberikan jalan keluar. “Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari no. 1442 dan Muslim no. 1010).

2. Jual aset tanah, rumah atau kendaraan

Hal yang perlu dilakukan untuk terbebas dari riba adalah dengan cara segera melunasi hutang riba, jika kalian mempunyai aset tanah, rumah atau kendaraan, itu bisa digunakan untuk melunasi hutang riba.

Dulu Maimunah ingin berutang. Lalu di antara kerabatnya ada yang mengatakan, “Jangan kamu lakukan itu!” Sebagian kerabatnya ini mengingkari perbuatan Maimunah tersebut. Lalu Maimunah mengatakan, “Iya. Sesungguhnya aku mendengar Nabi dan kholil-ku (kekasihku).

“Jika seorang muslim memiliki utang dan Allah mengetahui bahwa dia berniat ingin melunasi hutang riba tersebut, maka Allah akan memudahkannya untuk melunasi utang tersebut di dunia”. (HR. Ibnu Majah no. 2399 dan An Nasai no. 4686. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih kecuali lafazh “fid dunya” -di dunia-). Jadi, orang yang serius melunasi utangnya akan ditolong oleh Allah SWT.

3. Bersikap sederhana

Bersikap hidup sederhana saat terlilit hutang, akan mengurangi pengeluaran dan akhirnya akan lebih memprioritaskan dalam membayar hutang riba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: