4 Cara Ampuh Hapus Data Diri di Pinjaman Online, Dijamin Hilang Permanen

4 Cara Ampuh Hapus Data Diri di Pinjaman Online, Dijamin Hilang Permanen

cara hapus data diri di pinjol --foto lombok insider

DISWAY JATENG - Adanya pinjaman online (pinjol) memang cukup membuat resah karena rawan spam apalagi data diri yang dimasukkan dalam aplikasi bisa dengan mudah disalahgunakan. Karena itu, perlu ketahui cara hapus data diri di pinjol. 

Bagi yang pernah memasukkan data diri ke aplikasi pinjol, sebaiknya segera hapus seluruh data yang pernah dimasukkan. Mulai dari foto selfie, foto KTP, biodata terkait keluarga, nomor telepon, nama ibu kandung dan data-data krusial lainnya yang rawan untuk disalahgunakan. Dengan ini, perlu kalian tahu cara hapus data diri di pinjaman online agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Cara hapus data diri dari aplikasi pinjol, kalian tidak akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan tawaran-tawaran lain dari aplikasi pinjaman online lainnya. Apalagi banyak beredar pinjaman online ilegal yang memiliki keamanan data sangat minim sehingga data diri pribadi yang dimasukkan bisa saja bocor ke pihak lain. Maka tetap waspada. 

Lantas, bagaimana cara hapus data diri di pinjol? Dibawah ini ada beberapa solusi efektif yang ampu untuk kalian coba dan lakukan. 

BACA JUGA:Ketahui Cara Hapus Data Diri di Pinjol Agar Tidak Disebar dan Diteror oleh Debt Collector, Dijamin Ampuh

Apalagi banyak beredar pinjol ilegal yang memiliki keamanan data sangat minim sehingga data diri pribadi yang dimasukkan bisa saja bocor ke pihak lain.

Belum lagi adanya teror dari para DC lapangan pinjol tersebut yang banyak meresahkan nasabah khususnya yang memiliki tunggakan dalam cicilan. Tidak jarang juga para DC lapangan menagih dengan keras bahkan disertai ancaman dan teror kepada nasabah juga penyebaran data pribadi kepada seluruh kontak.

Untuk meminimalisir kejadian atau hal-hal yang meresahkan dan merugikan tersebut, ada baiknya masyarakat harus mulai memperhatikan keamanan data diri sendiri.

Cara Hapus Data Diri di Pinjaman Online 

1. Hubungi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) 

Cara hapus data diri di pinjol yaitu kalian bisa langsung menghubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) guna meminta perlindungan apabila merasa sudah tidak aman lagi ketika mendapat ancaman dari Debt Collector pinjaman online. 

BACA JUGA:Berikut Cara Menghapus Data Diri dari Pinjaman Online, Jangan Lupa Lakukan Ini

2. Hubungi Call Center

Bagaimana jika masih mendapatkan tagihan pembayaran meski utang telah dibayar penuh? Kalian bisa menghubungi call center penyedia pinjaman online tersebut dan menjelaskan kronologis kejadian serta memberikan bukti pelunasannya. Ajukan permohonan penghapusan data supaya tidak disalahgunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: