Berikut Cara Menghapus Data Diri dari Pinjaman Online, Jangan Lupa Lakukan Ini

Berikut Cara Menghapus Data Diri dari Pinjaman Online, Jangan Lupa Lakukan Ini

Berikut Cara Menghapus Data Diri dari Pinjaman Online, Jangan Lupa Lakukan Ini!--

DISWAY JATENG - Pinjaman online (pinjol) telah menjadi salah satu alternatif solusi keuangan yang populer di Indonesia. Namun, tidak sedikit masyarakat yang mengalami masalah dengan pinjol, seperti gagal bayar, bunga yang tinggi, hingga intimidasi dari pihak pinjol. 

Hal ini tentu dapat menimbulkan keresahan dan trauma tersendiri bagi korbannya.Salah satu masalah yang sering dialami oleh korban pinjaman online adalah tersebarnya data pribadinya.

Data-data tersebut, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan foto, dapat digunakan oleh pihak pinjol untuk melakukan intimidasi atau bahkan tindak pidana lainnya.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, korban pinjaman online dapat melakukan penghapusan data pribadi dari pinjol. Hal ini dapat dilakukan dengan cara-cara berikut:

BACA JUGA:6 Cara Menghapus Data Pinjaman Online Permanen dan Efektif, Cuma Lewat Ponsel

1. Menghapus aplikasi pinjol dari ponsel

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menghapus aplikasi pinjaman online dari ponsel. Hal ini dapat dilakukan dengan membuka menu pengaturan pada ponsel, kemudian pilih "Aplikasi". Setelah itu, cari aplikasi pinjol yang ingin dihapus dan pilih opsi "Hapus".

Menghapus aplikasi pinjol dari ponsel dapat meminimalkan risiko tersebarnya data pribadi. Namun, hal ini tidak menjamin bahwa data pribadi Anda akan benar-benar terhapus dari sistem pinjol.

2. Mengajukan permohonan penghapusan data pribadi

Untuk menghapus data pribadi secara permanen, Anda perlu mengajukan permohonan penghapusan data pribadi kepada pihak pinjol. Cara untuk melakukannya adalah dengan menghubungi pihak pinjol melalui email, chat, atau telepon. 

Informasi kontak biasanya dapat ditemukan di aplikasi atau situs web pinjaman online.

Dalam permohonan penghapusan data pribadi, Anda perlu menyertakan informasi pribadi Anda, seperti nama, nomor telepon, dan alamat email. Anda juga perlu menjelaskan alasan Anda ingin menghapus data pribadi tersebut.

Setelah permohonan Anda diterima, pihak pinjol akan memproses permintaan Anda. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa hari atau minggu.

BACA JUGA:Cara Menghapus Data KTP di Pinjol, Lakukan 5 Langkah Cerdas ini Supaya Terhapus secara Permanen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: