158 Peserta Ikuti Sosialisasi dan Bimtek PIKP di Kabupaten Pemalang

158 Peserta Ikuti Sosialisasi dan Bimtek PIKP di Kabupaten Pemalang

BIMTEK - Peserta sedang mengikuti sosialisasi dan bimtek.Foto:M Ridwan/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik di Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang mengadakan sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) PIKP. Untuk tenaga pelayanan di Aula Sasana Bhakti Praja Pemalang, kemarin. sosialisasi mengundang Ombudsman RI perwakilan Jateng dan Komisi Informasi Jateng menjadi pemateri.

Kapala Diskominfo Kabupaten Pemalang Joko Ngatmo menuturkan, ada 158 peserta dalam kegiatan tersebut. Mereka berasal dari sekretaris perangkat daerah, sekretaris camat, direktur BLUD, direktur BUMD dan kepala puskesmas beserta petugas pengelola informasi.

BACA JUGA:Satpol PP Kabupaten Pemalang Lakukan Razia

"Harapannya dapat memahami materi dari narasumber untuk meningkatkan pelayanan masyarakat pada bidang PIKP," jelasnya.

Joko menyampaikan, rujuan dari sosialisasi dan bimtek adalah meningkatkan kemampuan teknis dalam menggunakan aplikasi/dashboard pengelola pengaduan halobupati.lapor.go.id. Serta penggunaan website dan media.

"Selain itu juga untuk publikasi informasi publik,” ujarnya.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Tegal Prihatin dengan Penyalahgunaan Narkotika

Pelaksanaan ini dilakukan dengan dasar Peraturan Komisi Informasi Publik Nomor 1 Tahun 2021 tentang Tata Kelola PIKP dan Permendagri Nomor 8 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Pengaduan Masyarakat. Dengan tujuan untuk menjawab tantangan-tantangan, baik terkait pengelolaan pengaduan maupun keterbukaan informasi.

"Ini juga sebagai langkah awal meningkatkan kinerja menjadi lebih baik lagi," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: