5 Cara Ampuh Menghadapi DC Pinjol yang Bikin Resah

5 Cara Ampuh Menghadapi DC Pinjol yang Bikin Resah

cara menghadapi dc pinjol --foto youtobe

4. Tanyakan Identitas

Cara menghadapi DC pinjaman online selanjutnya yaitu perlu tanyakan identitas. Saat Debt Collector (DC) datang, sambut dengan sopan sambil menanyakan identitas mereka. Perlu ketahui soal identitas DC yakni siapa yang memberi perintah penagihan dan kontak pemberi tangguh jawab.

5. Penyitaan Disertai Sertifikat Jaminan Fidusia

Perlu juga melihat adanya sertifikat jaminan fidusia selain surat kuasa saat penyitaan barang. Hal ini berbentuk dokumen asli atau penyitaan barang.

Ada beberapa cara sebelum melakukan peminjaman, ini beberapa tipsnya:

  • Jeli dan Waspada Memilih Layanan Pinjaman Online

Sebaiknya memilih layanan terpercaya dan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Metode penagihan pun biasanya tidak sampai membuat hidup nasabah menjadi tidak nyaman.

Perlu diingat juga melakukan pinjaman dengan bijak dan tujuan yang jelas. Hal ini membuat risiko menunggak cicilan apalagi kredit macet tidak sampai dialami.

BACA JUGA:5 Tips Cerdas Hadapi DC Pinjol dengan Baik dan Benar, Dijamin Langsung Kapok

  • Pahami Kebijakan OJK Soal Metode Penagihan

Pahami lebih dulu soal kebijakan atau regulasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) mengenai metode penagihan sebelum melakukan pinjaman. Metode dengan cara kekerasan, premanisme hingga ancaman hanya terjadi jika meminjam di layanan ilegal dan tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Layanan fintech diminta tidak lagi melakukan penagihan jika nasabah tidak kunjung membayar setelah 90 hari pasca jatuh tempo. Hal ini berdasarkan aturan yang diterbitkan oleh OJK.

Sebagai konsekuensi, peminjam akan langsung dilaporkan dan masuk dalam daftar hitam. Ini membuat mereka tidak mungkin bisa mengajukan pinjaman lain di masa depan baik perbankan atau P2P lending.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai cara menghadapi DC pinjol yang perlu kalian ketahui dan perhatikan agar tidak mengalami kerugian kedepannya. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: