5 Tips agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak di Ponsel

5 Tips agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak di Ponsel

tips agar pinjol tidak bisa akses kontak --foto youtobe

DISWAY JATENG - Pinjol alias pinjaman online telah menjadi salah satu alternatif pendanaan yang populer di Indonesia. Dalam artikel kali ini, ada beberapa tips agar pinjol tidak bisa akses kontak yang dapat kalian lakukan. 

Namun, tidak sedikit pengguna pinjol atau pinjaman online yang mengeluhkan praktik teror dan intimidasi dari pihak pinjaman online. Salah satu modus teror yang sering digunakan yaitu dengan menghubungi kontak darurat nasabah yang ada di aplikasi pinjaman online. Untuk itu, ketahui tips agar pinjol tidak bisa akses kontak untuk menghindari kerugian kedepannya. 

Beberapa pinjaman online atau pinjol sering melakukan cara yang merugikan nasabah, salah satunya yaitu menghubungi kontak darurat nasabah untuk menagih utang. Tips agar pinjol tidak bisa akses kontak di ponsel memang sangat perlu supaya tidak merasa dirugikan. 

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, berikut ada beberapa tips agar pinjol tidak bisa akses kontak di HP yang bisa kalian lakukan agar data tetap aman dan tidak disalahgunakan. 

BACA JUGA:4 Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak HP dengan Ilegal, Cara Efektif Agar Aman dari Teror

Tips agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak 

1. Pilih Pinjol yang Terdaftar di OJK

Pinjaman online yang terdaftar di OJK memiliki standar operasional yang lebih baik dalam hal keamanan privasi nasabah. Pinjol yang terdaftar di OJK tidak akan sembarangan mengakses kontak nasabah atau melakukan praktik-praktik yang merugikan nasabah.

Untuk memastikan bahwa pinjaman online yang kalian gunakan terdaftar di OJK, kalian bisa memeriksanya di situs resmi OJK.

2. Gunakan Aplikasi Anti-Pinjol

Saat ini, terdapat beberapa aplikasi anti-pinjaman online yang bisa membantu kalian melindungi privasi dari pinjaman online. Aplikasi anti-pinjol ini biasanya memiliki fitur untuk memblokir panggilan dan pesan dari pinjaman onine. Kalian bisa mengunduh aplikasi anti-pinjol dari Google Play Store atau App Store.

BACA JUGA:7 Langkah f agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak Handphone

3. Jangan Berikan Izin Akses Kontak pada Aplikasi Pinjol

Tips agar pinjol tidak bisa akses kontak berikutnya yaitu dengan tidak memberikan izin akses kontak pada aplikasi pinjaman online. Saat pertama kali kalian mengunduh aplikasi pinjaman online, biasanya akan muncul permintaan izin akses kontak. Pada tahap ini, kalian bisa menolak izin tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: