Disperintransnaker Kabupaten Tegal Adakan Pelatihan Plate Working

Disperintransnaker Kabupaten Tegal Adakan Pelatihan Plate Working

DUKUNGAN - Sekretaris Disperintransnaker Kabupaten Tegal bersama Kabid PPI memberi dukungan peserta pelatihan plate working.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI -  Upaya meningkatkan kompetensi tenaga kerja lokal terus dilakukan Dinas Perintransnaker Kabupaten Tegal, khususnya dalam bidang fabrikasi dan konstruksi logam. Kali ini, pelatihan plate working digulirkan untuk 20 orang khusus pengerjaan plat.

Kepala Dinas Perintransnaker Kabupaten Tegal Riesky Trisbiyantoro melalui Sekretaris Dinas Sutoyo menyatakan bahwa plate working merupakan serangkaian proses yang melibatkan pemotongan, pembentukan,  pengelasan dan perakitan plat logam. Menjadi komponen atau struktur yang lebih komplek. Proses ini membutuhkan keterampilan teknis yang tinggi serta pengetahuan yang mendalam tentang material.

"Serta memahami standar keselamatan kerja," ujarnya, Selasa (25/6/2024).

BACA JUGA:Dinas Perkim Kabupaten Tegal Kawal Bantuan Rehab RTLH Desa Tertinggal

Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan kali ini  berasal dari Patria yang akan memberikan materu tentang  plate working di level perusahaan nasional. Hal ini supaya bisa mengerti  antara  gap pekerjaan logam di level IKM  dan industri besar serta bisa memperkecil gap tersebut. 

"Dengan begitu, IKM di Kabupaten Tegal  bisa memiliki kemampuan yang berada  dilevel nasional  atau setidaknya mendekati level tersebut," cetusnya.

BACA JUGA:Polres Tegal Gelar Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Pura Kusuma Persada Menyambut Hari Bhayangkara ke-78

Pihaknya berharap pelatihan kali ini tidak sebatas  transfer pengetahuan, namun juga sebagai sarana untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan industri yang semakin komplek dan kompetitif. Tentunya dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pelatihan ini diharapkan dapat menjadikan tenaga kerja yang lebih kompeten, profesional, dan siap bersaing di pusat kerja.

Dia mengajak para peserta pelatihan memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar sebanyak mungkin, berdiskusi dengan instruktur dan sesama peserta. Untuk mengasah keterampilan  praktis yang akan sangat  berguna dalam  memajukan IKM  di masa depan. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: