3 Cara Mengamankan Data Pribadi di Pinjol, Bebas Teror dan Penyalahgunaan Data

3 Cara Mengamankan Data Pribadi di Pinjol, Bebas Teror dan Penyalahgunaan Data

Cara mengamankan data pribadi di pinjol--

DISWAY JATENG - Kasus penyalahgunaan data pribadi di pinjaman online semakin meresahkan dan perlu diwaspadai. Karena itu, bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman sebaiknya ketahui cara mengamankan data pribadi di pinjol.

Cara mengamankan data pribadi di pinjol dapat Anda lakukan dengan mudah. Dengan beberapa langkah efektif ini, Anda bisa terhindar dari berbagai kerugian.

Cara mengamankan data pribadi di pinjol penting diketahui jika Anda ingin mengajukan pinjaman. Pasalnya saat ini marak korban dari penyedia pinjaman online, khususnya di platfrom ilegal.

BACA JUGA:6 Cara Efektif Menghentikan Pinjol Sebar Data Pribadi agar Data Tetap Aman dan Tidak Disalahgunakan

Pada platfrom pinjol legal resmi terdaftar OJK, pihak penyedia pinjaman hanya boleh mengakses kamera, lokasi, dan kontak saja. Hal ini bertujuan untuk menjaga privasi nasabah yang menggunakan layanan pinjaman tersebut.

Berbeda di platfrom pinjol ilegal yang bisa melakukan pelanggaran dengan menyadap seluruh data di ponsel nasabah. Bahkan pinjaman ilegal bisa melacak semua data yang ada di WhatsApp (WA) hingga ke galeri.

Di beberapa kasus ada beberapa tindakan intimidasi dari DC lapangan pinjol ilegal yang menggunakan foto nasabah sebagai ancaman. Hal ini dikarenakan nasabah tidak bisa melunasi utang dan berkahir galbay.

BACA JUGA:Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi Jika Terlanjur Galbay? Begini 5 Solusi yang Aman dan Efektif

Debt collector pinjol juga kerap melakukan penagihan dengan cara menelepon ke semua nomor kontak yang tersimpan dalam ponsel. Selain itu DC pinjol ilegal juga dapat mencemarkan nama baik peminjam ke seluruh kontak.

Untuk mencegah beberapa kerugian tersebut, ada berbagai cara mengamankan data pribadi di pinjol. Berikut cara efektif yang bisa dilakukan supaya data aman dari DC pinjol ilegal.

 

1. Cek Legalitas Aplikasi Pinjol

Cara mengamankan data pribadi di pinjol penting untuk mengecek legalitas platfrom pinjaman yang digunakan. Anda harus memastikan aplikasi pinjaman online yang digunakan sudah resmi terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BACA JUGA:Begini Aturan Menghapus Data Pribadi di Pinjol Tanpa Perlu Bayar Utang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: