Terjerat Utang Pinjol? Begini 8 Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjol Legal yang Perlu Kamu Ketahui

Terjerat Utang Pinjol? Begini 8 Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjol Legal yang Perlu Kamu Ketahui

solusi tidak bisa bayar pinjol legal --foto media konsumen

4. Alokasikan Dana Lebih Besar untuk Bayar Pinjol

Solusi tidak bisa bayar pinjol legal dengan mengalokasikan dana yang lebih besar untuk membayar pinjol agar bisa mengurangi beban akibat tunggakan yang ada.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengurangi pengeluaran yang tidak penting dan mendesak. Kemudian buat rencana anggaran untuk membayar pinjaman online secara bertahap atau dicicil tiap bulan dengan jumlah lebih dari angka minimal yang diwajibkan dan disiplin menerapkannya.

5. Buat Rencana Keuangan yang Lebih Baik

Belajar dari pengalaman merupakan pilihan terbaik. Jika merasakan kesulitan membayar pinjol, maka usahakan untuk membuat perencanaan keuangan yang lebih baik, dan rem keinginan untuk menggunakan pinjol jika situasi tidak mendesak.

Jangan menggunakan pinjol untuk memenuhi gaya hidup. Budayakan membeli sesuai dengan uang yang ada, sehingga bisa mengetahui berapa uang yang sebenarnya dimiliki dan berapa yang bisa digunakan.

6. Jangan Mengabaikan Kewajiban

Solusi berikutnya yaitu lakukanlah komunikasi dengan pihak perusahaan Pinjol. Jangan menghindari komunikasi apalagi sampai mengabaikan kewajiban kalian untuk membayar utang.

Dengan mengkomunikasikan kondisi keuangan dan memberikan informasi yang jujur, pihak pinjol bisa memaklumi dan turut mencari solusi agar bisa membayar utang yang belum lunas.

BACA JUGA:4 Solusi Tidak Bayar Pinjol Legal dan Ilegal Agar Aman dari Kejaran DC Lapangan Setiap Hari

7. Cari Sumber Pendapatan Tambahan

Kalian bisa dengan mencari pendapatan tambahan, hal ini bisa dilakukan dengan meminjam dari keluarga atau teman, atau bisa dengan menjual barang atau perhiasan agar bisa mendapatkan pendapatan tambahan untuk memenuhi kewajiban pembayaran pinjol.

8. Lapor OJK atau Polisi

Saat mengalami gagal bayar pinjol legal dapat menempuh jalur hukum dengan melapor ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan polisi, jika mengalami intimidasi atau ditagih oleh debt collector secara paksa. Jadi jangan panik jika dikejar-kejar debt collector saat tidak bisa bayar pinjol legal.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai solusi tidak bisa bayar pinjol legal yang dapat kalian lakukan agar aman dari penagihan yang bikin resah. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: