Pesantren Lansia Khusnul Khotimah Kurban 1 Ekor Sapi dan Kambing

Pesantren Lansia Khusnul Khotimah Kurban 1 Ekor Sapi dan Kambing

Pesantren Lansia Khusnul Khatimah kembali mengadakan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini 1455 Hijriyah.--

DISWAY JATENG - Seperti tahun sebelumnya, Pesantren Lansia Khusnul Khatimah kembali mengadakan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini 1455 Hijriyah.

Pesantren Lansia Khusnul Khotimah merupakan binaan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Tegal. 

Pada pelaksanaan ibadah kurban tahun 2024 ini, Pesantren Lansia Khusnul Khotimah menerima hewan kurban berupa satu ekor sapi dan satu ekor kambing.

Hewan kurban tersebut berasal dari jamaah Pesantren Lansia Khusnul Khotimah yang menyalurkan langsung kepada pesantren lansia tersebut.

BACA JUGA:SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal Kurban 1 Sapi dan 2 Kambing

 

Ketua Pesantren Lansia Khusnul Khatimah, Hj. Srijatun menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas partisipasi jamaah dalam kegiatan ini. Dijelaskannya, pelaksanaan kurban tahun ini berlangsung di dua lokasi. Penyembelihan sapi dilaksanakan di Desa Kagok pada hari Senin, 17 Juni 2024. Sementara itu, penyembelihan kambing dilaksanakan di Gedung Aisyiyah Kabupaten Tegal.

"Alhamdulillah, untuk tahun ini kami melaksanakan ibadah kurban. Ada jamaah kami yang menyerahkan hewan kurban ke pesantren lansia sejumlah satu sapi dan satu kambing," ujar Srijatun. 

Srijatun menambahkan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh santri Pesantren Lansia Khusnul Khatimah dengan tujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta mempererat hubungan antaranggota. Setelah penyembelihan, daging kurban langsung dibagikan kepada masyarakat sekitar. 

"Kegiatan ini semata-mata dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta hewan kurban yang disembelih langsung kami bagikan kepada warga sekitar," tambah Srijatun.

Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Tegal, Hj Sri Purwaningsih  menambahkan bahwa pelaksanaan kurban oleh Pesantren Lansia Khusnul Khotimah merupakan rutinitas tahunan yang selalu dilaksanakan pada moment Idul Adha. Menurutnya, untuk tahun berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini pemotongan hewan kurban di Gedung Aisyiyah Kabupaten Tegal. Pada tahun sebelumnya, melaksanakan kurban tetapi disalurkan lewat Lazismu untuk program Safari Qurban. 

Dengan adanya kegiatan kurban ini, diharapkan dapat terus meningkatkan rasa kebersamaan dan solidaritas di antara jamaah dan masyarakat sekitar, serta menjadi sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pesantren Lansia Khusnul Khatimah akan terus berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi para santrinya dan masyarakat luas melalui berbagai kegiatan keagamaan yang bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: