Hati-hati Barang Tiruan, Berikut 10 Cara Membedakan Iphone Asli dan HDC

Hati-hati Barang Tiruan, Berikut 10 Cara Membedakan Iphone Asli dan HDC

Cara membedakan Iphone asli dan HDC-Eraspace-

DISWAYJATENG - Adakah cara membedakan iPhone asli dan HDC? Siapa di antara kalian yang tidak kenal iPhone? Ponsel pintar asal Amerika ini memang jadi idaman banyak orang berkat desain dan fitur-fiturnya yang keren. Karena kepopulerannya itu, iPhone jadi sasaran empuk untuk dibajak dan dijiplak.

Beredar luas di pasaran produk-produk iPhone imitasi atau replika yang sering disebut iPhone HDC (High Definition Copy). Padahal kualitas dan spesifikasinya jauh berbeda dan kalah bagus dibanding produk Apple yang original. cara membedakan iPhone asli dan HDC ini bisa meningkatkan kewaspadaan kamu.

Cara membedakan iphone asli dan HDC ini sangat penting, karena banyak kasus konsumen yang tertipu dan akhirnya menyesal setelah membeli iPhone HDC. Selain kinerjanya tidak memuaskan, harganya pun tidak semurahan yang dijanjikan.

Agar tidak kena jeratan penjual nakal, ada baiknya kalian memahami cara untuk membedakan mana iPhone HDC dan mana iPhone original. Dengan begitu, kalian tidak akan tertipu dan membuang uang dengan percuma. Simak cara membedakan iphone asli dan HDC berikut ini.

BACA JUGA:Begini 5 Cara Kredit HP Tanpa DP, Prosesnya Mudah Cuma Butuh KTP

 

1. Cek App Store

Cara membedakan iphone asli dan HDC paling gampang adalah dengan mengecek keberadaan App Store di iPhone tersebut. Jika ternyata yang ada malah Google Play Store, sudah bisa dipastikan itu iPhone HDC. Sebab, iPhone asli selalu menggunakan App Store sebagai toko aplikasinya yang dikhususkan untuk sistem operasi iOS.

2. Perhatikan Sistem Operasinya

Masih terkait poin pertama, cara membedakan iphone asli dan HDC juga kalian bisa membedakannya dari sistem operasi yang digunakan. iPhone HDC biasanya menggunakan sistem operasi Android yang dimodifikasi atau dikostumisasi agar tampak seperti iOS. Sedangkan iPhone asli tentunya mengandalkan sistem operasi iOS yang dikembangkan Apple.

3. Coba Hubungkan ke iTunes

Masih ragu? Coba saja hubungkan iPhone itu ke aplikasi iTunes di komputer atau laptop kalian. Jika bisa terhubung dan dikenali dengan baik, itu artinya iPhone yang kalian pegang adalah produk original Apple. Sebaliknya, jika tidak bisa terhubung dan tidak dikenali, besar kemungkinan itu iPhone HDC.

BACA JUGA:Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal Hp Lemot

4. Lihat Bahan Pembuatannya

Selain dari sisi software, kalian juga bisa membedakan dari sisi hardware atau bahan pembuatan bodinya. iPhone asli selalu menggunakan material berkualitas tinggi dengan pengerjaan yang sangat rapi dan presisi. Sementara iPhone HDC sering kali menggunakan plastik atau material lain yang pengerjaan rakitannya kurang rapi dan terkesan asal-asalan.

5. Periksa Nomor IMEI dan Garansinya

Setiap produk resmi tentunya dilengkapi dengan garansi. Untuk iPhone, biasanya garansi ini terkait dengan nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) yang bersifat unik. Jadi, kalian bisa mengecek keaslian iPhone tersebut dengan memeriksakan nomor IMEI-nya ke situs web Apple atau gerai resminya.

BACA JUGA:7 Cara Membersihkan Cache di Hp Android

6. Bandingkan Kualitas Layar

Retina Display adalah salah satu keunggulan utama layar iPhone yang hingga saat ini belum bisa disaingi produk HDC. Dengan membandingkannya langsung dengan iPhone lain, perbedaan kualitas dan kejelasan layar akan sangat terlihat. Layar iPhone HDC biasanya lebih buram dan warnanya tidak sejernih aslinya.

7. Coba Tombol Screenshot

Jika kalian mencoba tombol Screenshot (dengan menekan tombol Home dan tombol Power secara bersamaan) dan tidak berfungsi, besar kemungkinan itu iPhone HDC. Karena di iPhone asli, tombol ini memang difungsikan untuk mengambil tangkapan layar.

8. Lihat Harganya

Meskipun sekarang harga iPhone semakin terjangkau, tapi tetap saja harganya tidak akan semurahan produk HDC. Jadi kalian harus ekstra waspada jika ada yang menjual iPhone terbaru dengan harga yang terlalu murah, karena bisa jadi itu adalah produk replika.

9. Cermati Fitur dan Spesifikasinya

Penjual nakal biasanya akan membuat fitur dan spesifikasi produk HDC mereka semirip mungkin dengan iPhone asli supaya tampak meyakinkan. Namun jika dicermati lebih detail, pasti ada saja hal-hal yang tidak sama atau kualitasnya jauh berbeda. Misalnya saja kemampuan kamera, kapasitas RAM, performa prosessor, dan lain-lain. 

10. Cek Keberadaan Slot MicroSD

Cara membedakan iphone asli dan kw yang paling gampang untuk membedakan keduanya. iPhone asli tidak pernah memiliki slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Jadi jika iPhone yang kalian lihat memiliki slot microSD, itu sudah dipastikan iPhone HDC atau replika.

Nah, itu tadi Cara membedakan iphone asli dan HDC yang bisa kalian lakukan untuk memastikan keaslian iPhone sebelum membelinya. Semoga dengan begitu, kalian tidak akan tertipu dengan iming-iming harga murah dari penjual nakal ya.

Meski banderol harga iPhone kini sudah lebih terjangkau, tapi tetap saja ada perbedaan harga yang cukup signifikan dengan iPhone HDC. Ingat, produk palsu atau replika tidak akan sebagus dan setara dengan produk asli yang dijual dengan harga normal. Kualitas dan kinerjanya pasti jauh berbeda.

Jadi, waspadalah dan selalu teliti sebelum memutuskan membeli iPhone baru. Jangan mudah terbuai dengan tawaran harga murah yang mencurigakan. Keaslian dan kualitas produk harus jadi prioritas utama. Sebab memiliki gadget idaman tapi kualitasnya murahan, bakalan jadi penyesalan kan? So, stay safe and waspada selalu(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: