Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal Hp Lemot

Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal Hp Lemot

Tips mengatasi sinyal hp lemot-Qoala-

DISWAYJATENG - Apakah kamu pernah mengalami sinyal internet di HP yang lemot dan buruk? Tentu saja sangat menyebalkan bukan? Ada beberapa cara mengatasi sinyal HP lemot agar ngebut kembali.

Saat sedang asyik browsing, menonton video, atau bermain game, tiba-tiba koneksi internet melambat bahkan terputus. Dengan cara mengatasi sinyal HP lemot ini, dijamin sinyal di HP kamu bebas dari gangguan sinyal yang buruk.

Cara mengatasi sinyal HP lemot ini sangat mudah untuk kamu coba. Kamu tidak perlu membutuhkan keahlian khusus, dengan beberapa tindakan, sinyal kamu akan kembali ngebut.

Kali ini kita akan membahas penyebab sinyal HP jelek dan cara mengatasi sinyal HP lemot. Simak terus penjelasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA:Bingung Mencari HP untuk Bisnis? 10 Tips Memilih HP untuk Jualan Online ini Bakal Membantu Kamu

Tips Mengatasi Sinyal HP Lemot

1. Periksa Pengaturan Sinyal di HP

cara mengatasi sinyal HP lemot yang pertama, sebelum mencari penyebab lainnya, coba periksa dulu pengaturan sinyal di HPmu. Terkadang, settingan jaringan tidak otomatis sehingga tidak bisa menangkap sinyal internet secara optimal. Cara mengatasinya, ubah pengaturan penangkapan sinyal menjadi otomatis. Tunggu beberapa detik, lalu coba browsing lagi. Jika sudah lancar, berarti masalahnya ada pada pengaturan penangkapan sinyal.

2. Kurangi Aplikasi yang Berjalan

Suka multitasking saat menggunakan HP? Hati-hati, kebiasaan ini bisa menjadi penyebab utama sinyal internet melambat. Tanpa disadari, kamu mungkin membiarkan beberapa aplikasi masih berjalan di latar belakang. Padahal, setiap aplikasi yang terbuka akan terus menyedot pemakaian data internet.

Solusinya, tekan dan tahan tombol "Home", lalu lihat apakah masih ada aplikasi yang masih terbuka dan tidak kamu gunakan. Jika ada, segera tutup satu per satu. Setelah itu, tunggu beberapa saat dan koneksi internetmu akan kembali lancar.

BACA JUGA:Ini Dia 6 Tips Mengatasi Lupa Password HP Semua Merek yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

3. Waspada Malware atau Virus

Penyebab sinyal HP jelek yang paling gawat adalah adanya malware atau virus di HPmu. Malware ini dapat terus beroperasi dan memakan banyak data internet yang sedang kamu pakai. Akibatnya, pemakaian data internetmu akan sangat boros.

Tidak hanya itu, malware atau virus juga bisa membuat HPmu semakin lemot meski tidak sedang tersambung ke jaringan internet. Bahkan, malware atau virus bisa menyebabkan aplikasi crash dan berpengaruh pada hardware.

Untuk mengatasi hal tersebut, periksa ruang penyimpanan atau memory HPmu, lalu bersihkan virus dan malware. Jika perlu, reset saja HPmu agar aman.

BACA JUGA:Ini Dia 6 Tips Membeli Hp Murah Berkualitas, Perhatikan Hal Berikut Ini Agar Tidak Rugi

4. Atur Kembali Koneksi Wi-Fi

Saat menggunakan koneksi Wi-Fi, setelan bawaan Android untuk penangkapan sinyal akan idle jika beberapa saat tak dipakai. Akibatnya, koneksi akan sedikit melambat karena baru masuk setelah HP diakses kembali.

Cara mengatasinya, ubah settingan idle pada penangkapan sinyal Wi-Fi. Atau, kamu juga bisa mematikan sambungan router dulu, lalu menyambungkannya kembali ke HPmu.

5. Restart HP

Kesalahan yang tidak disadari, dan bahkan berasal dari sistem operasi Android yang kamu gunakan. Bisa jadi disebabkan terlalu lama dinyalakan selama berhari-hari atau karena sebelumnya begitu banyak aplikasi yang dibuka dalam waktu lama.

Untuk mengatasinya, matikan dulu koneksi data internet, lalu reboot HPmu. Tunggu hingga menyala kembali dan sambungkan koneksi data internetnya. HPmu memang perlu dimatikan beberapa waktu, khususnya saat pengisian daya baterai, agar kinerjanya tidak menurun.

6. Hindari Penggunaan Saat Jam Sibuk

Penyebab sinyal HP jelek juga bisa terjadi karena trafik yang padat, baik pada provider layanan internet SIM Card maupun jaringan Wi-Fi. Kamu mungkin baru merasakan ini saat berpindah ke area lain dan koneksi kembali lancar.

Untuk jaringan Wi-Fi, kamu harus bisa berbagi secara wajar. Jika dalam satu rumah secara bersamaan menggunakan koneksi internet dengan pemakaian yang berlebihan, tentu akan menimbulkan masalah.

7. Keluhkan ke Provider

Gangguan sinyal internet yang buruk kerap terjadi di Indonesia. Banyak pengguna mengeluhkan layanan provider yang pas-pasan dan tidak jelas. Koneksi lancar hanya pada jam-jam tertentu, sementara saat dibutuhkan, leletnya minta ampun.

Jika sudah terlalu sering mengalami hal ini, kamu bisa mengajukan keluhan kepada penyedia layanan atau provider tersebut. Jika terus berlarut-larut, mau tidak mau kamu harus beralih ke provider lain agar tidak kesal terus.

8. Ganti HP Baru

Setelah mencoba semua cara mengatasi sinyal HP lemot di atas tapi masih saja sinyal internet di HPmu lemot dan buruk, mungkin ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk ganti HP baru.

Jangan-jangan, komponen penangkap sinyal di HPmu sudah mulai menurun kinerjanya. Wajar saja, namanya barang elektronik jika sudah sangat lama dipakai pasti akan mengalami penurunan fungsi.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab sinyal HP jelek dan cara mengatasi sinyal HP lemot. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu menikmati koneksi internet yang lancar di manapun kamu berada. Selamat mencoba(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: