Cara Lepas dari Pinjaman Online

Cara Lepas dari Pinjaman Online

cara lepas dari pinjol --foto finansialku

Apabila negosiasi sudah berhasil dilakukan dan kalian mendapatkan keringanan, maka cara lepas dari pinjol selanjutnya yaitu dengan mengumpulkan dana untuk membayar utang. 

Kalian bisa mengurangi biaya kebutuhan sehari-hari, misalnya mengurangi beli makan di luar rumah, menghindari pembelian barang yang kurang penting, menghemat listrik, dan sebagainya.

4. Menghubungi Perusahaan Pinjol

Apabila kalian terus dihubungi oleh nomor telepon pinjol, maka usahakan untuk tidak terhindar, seperti mengganti nomor atau memblokir nomor pinjol.

Sebaiknya, sampaikan secara baik-baik bahwa kalian akan membayar, namun sampaikan juga kondisi keuangan dan rencana pembayaran tunggakan hutang tersebut, atau bisa hubungi kontak perusahaan secara langsung untuk menceritakan kondisi keuangan secara transparan, misal sedang dalam kesulitan sehingga harus menunda pembayaran.

Jika ingin lebih dipercaya, sertakan juga bukti yang kredibel. Dengan begitu, kalian memiliki alasan kuat untuk mengajukan keringanan.

5. Mencari Kerja Sampingan

Mencari penghasilan tambahan dengan pekerjaan sampingan merupakan salah satu cara efektif yang bisa kalian coba apabila gaji tidak tercukupi. Cobalah mencari kerja sampingan yang bisa dilakukan di luar jam kerja, misalnya menjadi pekerja lepas atau membuka bisnis makanan.

BACA JUGA:Cara Lepas dari Pinjol Supaya Utang cepat Terselesaikan, Begini Langkah Cerdas agar Bebas dari Jeratan Pinjol

6. Prioritaskan Utang dengan Bunga Besar

Jika kalian memiliki utang lebih dari satu, maka memprioritaskan utang dengan bunga paling besar. Kalian bisa menuliskan pokok kredit, bunga, tenor, serta jumlah cicilan perbulan untuk masing-masing utang. Jika sudah dibuat daftar, fokuslah untuk membereskan utang dengan kredit pokok terbesar.

Hal ini perlu dilakukan agar kalian tidak kebingungan terkait utang yang harus dilunasi terlebih dahulu. Apabila utang paling besar sudah terselesaikan, maka kalian dapat beranjak untuk melunasi utang lainnya sesuai urutan.

7. Menjual Barang atau Aset

Kalian juga bisa menjual aset atau barang-barang yang sudah tidak digunakan dengan cara preloved sebagai salah satu solusinya. Bisa juga dengan menjual aset investasi, seperti emas, tanah, atau lainnya.

Itulah beberapa informasi seputar cara lepas dari pinjol alias pinjaman online yang dapat kalian lakukan agar terhindar dari risiko kerugian kedepannya. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: