SD Negeri Panggung 12 Kota Tegal Adakan Gelar Karya dan Penglepasan Siswa

SD Negeri Panggung 12 Kota Tegal Adakan Gelar Karya dan Penglepasan Siswa

PENTAS SENI-Siswa sedang melakukan pentas seni kelulusan di SD Negeri Panggung 12 Kota Tegal.Foto: Meiwan Dani R/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - SD Negeri Panggung 12 Kota Tegal mengadakan gelar karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan penglepasan siswa kelas VI. Kegiatan itu untuk menyongsong kebangkitan dengan mengedepankan nilai-nilai Pancasila dan kearifan lokal. Untuk tema bertajuk Gelar Karya P5 dengan tema 'Menyongsong Kebangkitan dengan Mengedepankan Nilai-Nilai Pancasila dan Kearifan Lokal'. 

"Kegiatan itu tidak hanya sekadar perayaan, tetapi juga merupakan sebuah upaya edukatif. Untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan kearifan lokal di hati para peserta didik sejak dini," kata Kepala SD Negeri Panggung 12 Kota Tegal Endang.

BACA JUGA:Sakila Kerti Kota Tegal Kurban 1 Sapi dan 17 Kambing

Pendidikan di Indonesia terus mengalami perkembangan seiring dengan tuntutan zaman. Salah satu aspek penting dalam pendidikan adalah penguatan karakter dan kebangsaan. Pancasila, sebagai dasar negara, menjadi fondasi utama dalam pembentukan karakter generasi muda Indonesia. Selain itu, kearifan lokal yang kaya akan budaya dan tradisi juga menjadi sumber inspirasi yang tak ternilai. Oleh karena itu, sekolah menginisiasi kegiatan ini untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan kearifan lokal dalam pendidikan.

"Kegiatan tersebut memiliki tujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga dan melestarikan kearifan lokal, mengembangkan kreativitas dan keterampilan siswa dalam berbagai aspek seni dan budaya, memperkuat kebersamaan dan semangat gotong royong di antara peserta didik, guru, wali murid dan masyarakat," ujarnya.

BACA JUGA:Jatinegara Diminta Ciptakan Khas Daerah, Pemkab Tegal Siap Datangkan Investor

Kegiatan Gelar Karya P5 ini dibuka dengan kirab drumband Gita Bahari yang berpersonel peserta didik SD Panggung I, II, III, IV dan V. Diikuti dengan iringan anak-peserta didik kelas VI yang lulus 100 persen pada tahun ini. Acara dilanjut dengan sambutan, Setelah itu, rangkaian kegiatan dilanjut dengan berbagai penampilan yang menarik dan edukatif, di antaranya: Tarian tradisional, penampilan bakat anak, pameran kerajinan tangan, serta kuliner khas daerah dan terakhir ditutup dengan drama musikal dari anak-anak kelas V.

Kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi para peserta didik. Diantaranya penguatan karakter dan identitas nasional, peningkatan kreativitas dan keterampilan. Kesadaran akan keberagaman budaya dan pembelajaran kewirausahaan.

BACA JUGA:Buntut Sampah Menumpuk, Diduga Ada Sabotase Oknum Pejabat DLH

"Diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai Pancasila dan kearifan lokal sejak dini," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: