Gak Perlu Takut, ini Cara Mengatasi Kedatangan DC Lapangan Jika Terlanjur Galbay Pinjol

Gak Perlu Takut, ini Cara Mengatasi Kedatangan DC Lapangan Jika Terlanjur Galbay Pinjol

Cara mengatasi kedatangan DC lapangan--

4. Surat Tugas dari Perusahaan Pinjol

Surat tugas biasannya diberikan oleh pihak penyedia layanan pinjaman online dari OJK. Apabila tidak ada surat tugas Anda bisa mengusir debt collector yang datang ke rumah.

BACA JUGA: 8 Tips Aman Galbay Pinjol Paling Ampuh untuk Hindari Teror DC Lapangan

Selain itu, jika ada surat tugas, menandakan bahwa debt collector tersebut berasal dari pihak penyedia pinjol. Dengan ini, Anda bisa mengusir atau menolak kedatangan DC jika tidak bawa surat tugas.

5. Pahami Jadwal Kedatangan DC Lapangan

Jika Anda nunggak atau galbay di pinjol, perlu mengetahui waktu kedatangan DC lapangan. Cara mengatasi kedatangan DC lapangan ini ampuh untuk menghindari kunjungan diluar jam kerja debt collector.

Ketentuan pada aturan OJK tentang jadwal kedatangan debt collector. Ketentuan tersebut yaitu pihak penagih hanya diperbolehkan datang ke rumah debitur pada pukul 08.00 sampai 20.00 waktu setempat.

BACA JUGA: Tips Menghindari Kunjungan DC Lapangan Pinjol Ilegal, Bebas Teror dan Penagihan Kasar

6. Laporkan DC 

Jika pihak penagih DC lapangan melakukan praktik pinjaman dengan cara kasar, Anda harus berani melaporkan ke polisi atau OJK. Tindakan penagihan kasar yang dilakukan pinjol legal tentu saja tidak diperbolehkan oleh OJK dan bisa dibawa ke ranah hukum.

Laporan tindakan tersebut ke OJK atau polisi bisa dilakukan melalui nomor kontak atau email. Selain itu, Anda juga perlu bukti pendukung seperti video, foto, isi chat, rekaman, dan lainnya.

Demikian informasi seputar cara mengatasi kedatangan DC lapangan pinjol ke rumah apabila nasabah terlanjur galbay di pinjaman online. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: